You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Makanan Pengontrol Gula Darah

Makanan Pengontrol Gula Darah

diabetesSeseorang dengan diabetes tipe 2 sangat disarankan mengatur pola makan yang dapat menstabilkan kadar gula darah mereka. Rencana makan sebaiknya berpola atas jumlah, jenis karbo, total energi, dan jenis makanan. Lalu jenis makanan apa saja yang dapat membantu menstabilkan kadar gula ketika dikonsumsi? Simak berikut ini :

  1. Sayuran mentah, masak atau panggang.

Pilih sayur rendah karbo namun mempunyai cita rasa yang lezat seperti jamur, bawang bombai, terong, tomat, kubis brussel, labu air, ketimun, zucchini (ketimun jepang) dsbnya. Bisa menambahkan saus rendah lemak, humnus, guacamole, salsa, atau dipanggang dengan herbal misalnya rosemary, ketumbar, kayumanis, cabe, bawang putih.

  1. Sayuran hijau.

Umumnya diolah dan disajikan menjadi salad, seperti kale, bayam, sawi, asparagus, brokoli, chard, dsbnya. Selain sehat, lezat, juga rendah karbo. Ada juga sayuran yang diolah dengan cara di panggang seperti bayam dengan minyak zaitun sehingga kering dan renyah. Sayuran juga diolah dengan berbagai cara masak atau ditambah protein sehat seperti dengan ikan salmon.

  1. Minuman beraroma dan rendah kalori.

Minum air putih saja terkadang bagi diabetesi sangat membosankan. Tidak ada salahnya jika air putih diberikan infus buah-buahan agar terasa segar dan menarik aromanya. Bisa juga dibuat es batu yang didalamnya dicelup buah-buahan. Jika suka dengan teh, bisa juga misalnya ditambahkan lemon atau buah lain. Hal ini membantu supaya tidak terlalu banyak memikirkan makanan lain.

  1. Melon atau golongan berry

Satu cangkir keduanya hanya mengandung sekitar 15 gram karbo. Harganya mungkin agak mahal, tapi mengandung serat, vitamin dan bisa menikmati rasa manis. Tambahkan dengan yogurt.

  1. Bijian utuh

Bijian, kacang, polongan utuh kaya akan serat. Begitu juga misalnya salsa kacang hitam dan jagung. Karbo nya masih ada, hanya rendah.

  1. Sedikit lemak.

Pilihan lemak yang baik misalnya minyak zaitun, alpukat dan ikan berlemak misalnya salmon dengan selada.

  1. Protein

Contohnya yugurt yunani/greel yogurt, keju cottage, telur, daging tanpa lemak.

Sumber : webmd

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1782

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top