You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Cara Sehat Menikmati Kopi

Cara Sehat Menikmati Kopi

kopiKopi sudah jadi minuman populer dan modern. Kita bisa lihat banyak menjamurnya cafe dengan berbagai menu kopi. Riset kesehatan tentang kopi sudah banyak, jadi sebaiknya kita tahu, bagaimana cara minum kopi tapi tetap sehat. Berikut 8 tips:

  1. Minum kopi tanpa kafein diatas jam 2 sore.

Kopi sumber alami kafein paling banyak dalam bahan pangan. Sifat kafein yang stimulan membantu meningkatkan energi dan terjaga ketika lelah. Tapi jika kita minum kopi disore dan malam hari, dapat menganggu tidur nyenyak. Memang tidak semua orang sensitif terhadap kafein, namun lebih baik jika menghindari minum kopi diatas jam 2 atau 3 sore untuk menjaga kualitas tidur tetap baik.

  1. Tidak banyak gula dalam kopi.

Meskii kopi bermanfaat bagi kesehatan, namun jika terlalu banyak gula justru malah berdampak buruk bagi kesehatan. Gula tinggi akan fruktosa, yang menyumbang obesitas dan diabetes. Sayangnya banyak yang tergantung dengan pemanis. Jika demikian, sebaiknya menggunakan gula pengganti seperti stevia. Hilangkan kebiasaan menambahkan gula terlalu banyak. Kurangi sedikit demi sedikit hingga terlepas dari ketergantungan ngopi dengan gula.

  1. Pilih kualitas terbaik, organik kalau memungkinkan.

Kualitas kopi bisa tergantung dari bagaimana kopi ditanam dan cara mengolahnya. Sayangnya, ada saja biji kopi yang di budidaya menggunakan pestisida sintetis atau bahan kimia lain. Pestisida menjadi bahan pro dan kontra karena menimbulkan dampak negatif dan kontaminasi. Kopi organik pilihan yang tepat karena kadar pestisidanya sangat rendah.

  1. Minum dalam jumlah sedang.

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu juga kopi. Walau setiap orang berbeda responnya terhadap kafein, namun asupan yang tinggi juga dapat menjadi masalah. Secara umum, Health Canada merekomendasikan tidak melebihi 1,1 mg per pon (2,5 mg per kg) berat badan per hari. Secangkir kopi rata-rata mengandung sekitar 95mg kafein, sehingga dalam sehari hanya disarankan minum kopi sekitar 2 cangkir/hari.

  1. Tambahkan rempah dalam kopi.

Masukkan sejumput/seujung kuku bubuk kayu manis untuk menambah citarasa. Kayu manis juga dapat membantu menurunkan glukosa darah, kolesterol dan trigliserida pada penderita diabetes, selain meningkatkan kesehatan.

  1. Hindari krimer

Jika memang tidak ada krimer alami dari susu sapi, lebih baik tidak menggunakan krimer. Atau dapat juga dengan menambahkan susu.

  1. Tambahkan bubuk kakao/coklat

Kakao mengandung antioksidan yang banyak manfaat kesehatannya termasuk diantaranya mengurangi resiko penyakit jantung. Tambahkan coklat biasa atau coklat hitam agar lebih nikmat.

  1. Seduh kopi dengan filter kertas

Kopi yang diseduh mengandung cafestol, diterpene yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Cara menguranginya cukup dengan filter kertas. Namun, cafestol tidak semuanya buruk. Studi terbaru pada tikus menunjukkan itu memiliki efek anti-diabetes.

Sumber : healthline

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1823

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top