You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Kentang Goreng…ancaman pada Kematian!!

Kentang Goreng…ancaman pada Kematian!!

kentang gorengKentang goreng atau yang dikenal sebagai French Fries menjadi makanan yang digemari khususnya bagi kaum muda. Namun fakta sebuah riset menunjukkan bahwa terlalu banyak konsumsi kentang goreng justru mendekatkan pada kematian.

Penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, yang melibatkan 4.400 orang penggemar kentang goreng antara usia 45 dan 79 tahun  selama delapan tahun. Pada akhir penelitian, 236 orang dinyatakan telah meninggal dunia.  Setelah disesuaikan dengan beberapa faktor, mengonsumsi kentang secara keseluruhan (bahkan banyak di antaranya) tidak meningkatkan risiko kematian seseorang. Tapi ketika para peneliti melihat lebih dekat jenis kentang yang dimakan, para peneliti menemukan bahwa konsumsi kentang goreng, termasuk French Fries ini setidaknya dua kali per minggu dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian sebesar 2x lipat. Mengkonsumsi kentang yang tidak dimasak, seperti salad kentang dan kentang rebus, kentang panggang dan kentang tumbuk, tidak terkait dengan peningkatan risiko kematian.

Kentang putih yang tidak digoreng merupakan makanan yang relatif sehat karena banyak mengandung serat, vitamin dan gizi mikro  yang baik, sehingga memberi keseimbangan angka indeks glikemik. Kentang goreng/FF ini biasanya tinggi lemak dan garam. Hanya saat ini, dibutuhkan lebih banyak penelitian dengan mengambil lebih banyak sampel yang berisiko tinggi. The Center for Nutrition Policy and Promotion merekomendasikan konsumsi sekitar 3-5 porsi sayuran/hari bagi mereka penggemar kentang goreng.

Sumber : time.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1657

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top