You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Kekurangan 10 Nutrisi Ini Dapat Menyebabkan Depresi

Kekurangan 10 Nutrisi Ini Dapat Menyebabkan Depresi

mengatasi depresiTahukah anda bahwa gizi memainkan peran penting dalam menjaga suasana hati. Ada beberapa kekurangan gizi yang dapat menyebabkan perasaan depresi. Memperbaiki pola makan yang buruk dan menambahkan suplemen yang tepat dapat memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan dan paling efektif dalam memulihkan keseimbangan tubuh. Berikut ini 10 nutrisi yang jika kadarnya kurang dalam tubuh dapat menyebabkan depresi :

  1. Defisiensi asam amino dapat menyebabkan perasaan tertekan, tidak fokus dan lamban. Hal ini terjadi karena asam amino memainkan peran dalam membantu fungsi otak dengan benar. Tingkatkan asupan makanan sumber asam amino seperti daging merah, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan dalam jumlah yang tepat untuk memastikan Anda mendapatkan cukup nutrisi penting.

  2. Vitamin B Kompleks. Menurut penelitian di tahun 2009, lebih dari seperempat responden wanita yang lebih tua didiagnosamenderita depresi berat akibat defisiensi vitamin B kompleks. Mereka direkomendasikan untuk memenuhi asupan harian 2,4 mcg B-12 dan 1,5-1,7mg B6. Sumbernya bisa didapatkan dari daging, unggas, ikan, telur, susu, dan makanan laut seperti kerang, kerang, dan kepiting.

  3. Vitamin D. Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan depresi, autisme dan demensia. Menurut Dr Mark Hyman angka kecukupan asupan vitamin D berkisar antara 5.000-10.000 IU untuk kesehatan mental yang maksimal.

  4. Asam Folat telah terbukti secara serius berefektivitas sebagai antidepresan. Bahkan, beberapa psikiater berani meresepkan folat untuk mengatasi depresi. Orang dewasa memerlukan minimal 400mcg setiap hari, yang dapat dikonsumsi dengan makan banyak sayuran berdaun gelap, buah jeruk dan jus, kacang-kacangan.

  5. Yodium sangat penting untuk fungsi tiroid. Meskipun tampaknya kecil, tiroid mempengaruhi hampir setiap sistem dalam tubuh Anda seperti tingkat energi, suhu tubuh, metabolisme, sistem kekebalan tubuh, fungsi otak, dan banyak lagi. Ketika kadar yodium rendah, fungsi tiroid berkurang, menyebabkan perasaan depresi dan gejala lainnya.

  6. Zat Besi. Kekurangan menyebabkan gejala yang sangat mirip dengan depresi, termasuk: kelelahan, ketidakmampuan fokus, dan mudah tersinggung. Sangat penting untuk memastikan Anda mengkonsumsi antara 8 dan 18mg zat besi setiap hari.

  7. Magnesium. Defisiensi magnesium bisa terjadi akibat terlalu tinggi asupan garam, kafein, gula, alkohol, dan stres kronis. Magnesium adalah salah satu mineral yang paling efisien untuk memerangi efek berbahaya dari stres yang konstan. Pria membutuhkan antara 400 dan 420mg per hari, sedangkan perempuan antara 310 dan 320mg per hari.

  8. Asam-Lemak-Omega-3-dan-6-Terbukti-Membantu-Perbaikan-SelAsam Lemak Omega 3 penting untuk kesehatan jantung,dan memiliki dampak serius pada kesehatan mental. Asam LEmak Omega 3 dapat ditemukan pada suplemen minyak ikan setiap hari dan mengkonsumsi makanan yang kaya akan omega-3 seperti salmon, ikan tuna atau kacang kenari.

  9. Selenium penting untuk mengoptimalkan fungsi tiroid dan merupakan antioksidan penting, membantu menjaga asam lemak tak jenuh dalam membran sel. Sebagian besar dari kita membutuhkan minimal 55mcg selenium untuk tetap sehat jasmani dan rohani.

  10. Zinc adalah nutrisi lain yang sangat penting untuk banyak sistem dalam tubuh kita. Tidak hanya membantu pencernaan, juga membantu memproduksi DNA dan perbaikan protein kita. Hal ini dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan membantu untuk mengendalikan peradangan dalam tubuh.

Sumber : Natural News

(vna)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1759

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top