You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Banyak Manfaat Makanan Yang disediakan Oleh Alam

Banyak Manfaat Makanan Yang disediakan Oleh Alam

aMakanan dibutuhkan oleh tubuh tidak hanya sekedar untuk mengobati rasa lapar. Lebih daripada itu makanan dibutuhkan guna memenuhi asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Makanan mengandung berbagai zat gizi dan non gizi dengan fungsi yang berbeda. Makanan menyediakan banyak manfaat yang sudah disiapkan dari alam. Beberapa makanan dibawah ini contohnya yang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan.

Teh hijau

Menurut para peneliti di University of Scranton, teh hijau mampu mencegah terjadinya pengerasan arteri, mencegah serangan jantung, stroke dan penyumbatan serius pada paru-paru. Oleh karenanya, minum teh hijau secara rutin mampu baik untuk kesehatan jantung.

Dark chocolate/coklat hitam

Dark chocolate mengandung antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah dan menjaga kesehatan jantung. Cokelat juga meningkatkan suasana hati, yang berarti dapat menciptakan perasaan bahagia dan sehat pada saat yang sama. Pilih cokelat yang 70% kandungannya kakao dan dengan sedikit pemanis.

Anggur merah

Dalam jumlah yang sedang, anggur merah dianggap sebagai superfood/makanan atau minuman super. Anggur merah mengandung vitamin A, B, K, G (Vitamin B2) dan sebagian kecil kalsium dan zat besi, yang dapat membantu meredakan flu dan bahkan dapat membantu penurunan berat badan. Pilih anggur berkualitas dari Sardinia, Chili atau Perancis.

Bok Choy

Banyak mengandung vitamin B untuk kesehatan pencernaan. Meredakan stress dan menjaga kulit tetap sehat. Bok choy mengandung potasium/kalium, yang dapat membantu untuk mengatur detak jantung. Bokchoy dapat dihidangkan dengan sayur campur, dengan sup ayam bok choy atau bahkan dibuat salad bok choy. Bisa juga dikukus, sup ikan bokchoy atau menu lokal yg disukai.

Goji berry

Sumber vitamin dan mineral yang mengandung 8 asam amino esensial serta vitamin A, C, zat besi dan antioksidan. Penelitian telah menunjukkan bahwa goji dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan berat badan karena energinya tidak banyak. Goji dapat dibuat berbagai makanan ringan misalnya granola vanili almond goji berry untuk sarapan atau muffin goji gandum.

Peterseli

Peterseli membantu mengurangi radang akibat arthritis karena mengandung minyak yang disebut eugenol yang dapat membantu mencegah pembengkakan sendi.

Tomat

Buah/sayuran ini dianggap sebagai makanan super pelawan kanker. Tomat mengandung lycopene, yang bermanfaat melawan penyakit jantung, bersama dengan vitamin A, C dan E serta membantu mencegah kanker. Ciptakan sendiri resep makanan berbasis tomat yang sehat untuk tubuh.

Ikan salmon

Kaya dengan asam lemak omega- 3 selain juga mineral seperti kalsium, vitamin A dan B. Salmon bermanfaat untuk meningkatkan memori dan menjaga otak aktif lebih lama. Resep ringan cepat dan mudah, cobalah fillet salmon dengan jus lemon dan kentang goreng.

Kale

Kale mengandung sejumlah besar vitamin C (sekitar 4 kali lebih dari bayam), serta tinggi vitamin K untuk membantu mencegah pembekuan darah. Salah satu resep yang paling populer termasuk kale adalah chip/keripik kale.

Kenari

Konsumsi 14 biji kenari/hari mampu menyediakan dua kali lebih banyak asam alfa-linolenat dalam jumlah harian. Kenari juga mengandung omega 3, sehingga mirip dengan salmon yang juga dapat meningkatkan memori dan bahkan koordinasi. Cobalah menambahkan beberapa walnut cincang di atas hidangan pasta atau salad, atau dibuat kopi kenari atau kue tart kenari.

Sumber : positivemed.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1759

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top