You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Karbohidrat Sederhana vs Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat Sederhana vs Karbohidrat Kompleks

karbohidrat-sederhana-vs-kompleksKarbohidrat merupakan salah satu gizi makro dan sumber energi. Dengan jumlah karbo yang tepat, seseorang pada dasarnya tidak akan mengalami kenaikan berat badan. Karbohidrat dibedakan menjadi karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa karbohidrat kompleks lebih baik dari karbohidrat sederhana. Namun untuk menentukan karbohidrat yang baik juga harus dilihat jumlah kalori di dalamnya.

Karbohidrat terdiri dari serat, pati (karbohidrat kompleks), dan gula (karbohidrat sederhana). Sumber karbohidrat diantaranya terdiri dari: produk susu, padi-padian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, bijian, makanan bergula dan permen.

Jenis karbohidrat sederhana adalah gula. Secara alami terdapat pada produk susu dan terkadang ditambahkan pada bahan makanan. Termasuk didalamnya adalah gula alami, gula merah,  sirup jagung dan sirup jagung tinggi fruktosa, glukosa, fruktosa, sukrosa, sari buah konsentrat. Karbohidrat sederhana yang harus dihindari: soda (apalagi yang ditambah perasa); roti panggang manis (misalnya saus apel dengan pemanis); jus buah konsentrat (biasanya mengandung tambahan gula, lebih baik membuat sendiri saja dirumah); sereal untuk sarapan (pastikan hanya sereal saja tanpa tambahan apapun).

Makin kompleks karbohidrat, maka nilai gizinya semakin baik, kaya serat dan bertahan lama di saluran cerna sehingga mengenyangkan dan sangat cocok untuk program penurunan berat badan. Karbohidrat kompleks ideal untuk orang-orang dengan diabetes tipe 2 karena dapat membantu mengelola lonjakan gula darah pasca-makan.

Serat dan pati adalah dua jenis karbohidrat kompleks. Serat sangat penting karena meningkatkan keteraturan usus dan membantu untuk mengontrol kolesterol. Sumber utama serat makanan meliputi buah, sayur, kacang-kacangan, polong, bijian. Pati juga ditemukan dalam beberapa makanan yang sama seperti serat. Perbedaannya adalah makanan tertentu dianggap lebih bertepung daripada berserat, misalnya kentang. Makanan tinggi pati lainnya yaitu roti gandum, sereal, jagung, gandum, kacang polong, nasi/beras. Karbohidrat kompleks adalah kunci untuk kesehatan jangka panjang karena mampu menjaga berat badan dan bahkan dapat membantu mengontrol diabetes tipe 2 dan masalah kardiovaskular di masa depan.

Karbo kompleks yang sebaiknya dimakan adalah:

  1. Bijian. Biji-bijian adalah sumber serat yang baik, serta kalium, magnesium dan selenium. Pilih biji-bijian tidak diproses seperti quinoa, gandum dan pasta gandum.

  2. Buah kaya serat. Seperti apel, berry dan pisang (menghindari buah kaleng, karena biasanya mengandung sirup yang ditambahkan).

  3. Sayuran kaya serat. Makan lebih banyak dari semua sayuran, termasuk brokoli, sayuran hijau dan wortel.

  4. Kacang. Selain serat, ini merupakan sumber yang baik folat, zat besi dan kalium.

Selain itu, jangan lupa berolahraga, karena membantu mengolah energi.

Sumber : healthline.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

Scroll to top