You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Jangan Sembarang Menyantap Makanan Jika Tak Ingin Keracunan

Jangan Sembarang Menyantap Makanan Jika Tak Ingin Keracunan

keracunanMakanan merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan tubuh untuk memelihara kesehatan. Namun makanan juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti keracunan karena adanya bakteri di dalamnya, atau karena zat tertentu. Keracunan dapat menyebabkan sistem pencernaan rusak atau terganggu. Dalam keamanan pangan, sebaiknya diperhatikan juga bahan apa saja yang sebaiknya tidak boleh dikonsumsi karena mengandung zat yang berbahaya. Dan zat-zat berbahaya itu adalah sebagai berikut :

Pertama. Kerang, terutama yang mentah. Kerang memang cukup digandrungi karena rasanya yang lezat. Kerang juga diyakini oleh kaum pria sebagai makanan pembangkit libido. Namun kerang mudah terkontaminasi oleh logam berat dan sangat berbahaya. Pemasakan kerang hingga 145 derajat celcius, hanya akan membantu mematikan bakteri, namun tidak bisa mengeluarkan kontaminasi logam berat.

Kedua. Paket makanan. Makanan yang disiapkan oleh maskapai penerbangan sebagai salah satu bentuk service memang terlihat lezat dan menarik. Namun kita tidak pernah tahu berapa lama makanan itu dalam penyimpanan, berapa suhunya dan tenpatnya.

Ketiga. Keju mentah atau susu keju mentah. Produk susu yang tidak dipasteurisasi mungkin saja akhir-akhir ini terkenal. Namun keju jenis ini tinggi akan bakteri Listeria, E coli atau Salmonella. Lebih baik ketahui dulu jenis keju/susu apa yang akan dikonsumsi.

Keempat. Salad bar. Salad dengan tampilan hidangan yang terbuka dalam waktu lama cenderung dapat terkontaminasi. Bisa jadi karena bakteri, kotoran dsbnya.

Kelima. Buah potong. Di toko/swalayan sering kita lihat buah potong yang sudah dibungkus plastik. Kita tidak tahu bagaimana cara memotong, cara mengolahnya. Lebih baik belilah buah utuh yang belum dikupas.

Keenam. Daging atau telur setengah matang. Daging setengah matang seperti ayam, sapi atau bahkan babi dapat terinfeksi  trichinosis, cacing parasit yang dapat menyebabkan diare dan muntah. Namun pada orang dengan gangguan sistem pencernaan, gangguan kekebalan tubuh yang lemah misalnya pada penderita diabetes dan kanker, sebaiknya tidak konsumsi daging seperti ini, karena kondisi tubuhnya lebih sensitif.

Ketujuh. Sushi. Sushi sebenarnya aman, jika diketahui dari mana sumber bahan mentahnya. Namun jika pengolahan tidak higienis dan dengan cara yang tepat dapat menimbulkan keracunan makanan scombroid. Hal ini karena ikan melepaskan histamin yang menyebabkan racun dan alergi.

Sumber : rd.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1782

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top