You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Apa yang sebaiknya dilakukan sebelum menjalankan puasa di bulan ramadhan?

Apa yang sebaiknya dilakukan sebelum menjalankan puasa di bulan ramadhan?

puasaRamadhan, bulan yang dirindukan kaum muslimin. Berpuasa selama 30 hari, tua-muda, bersuka cita menyambut bulan penuh rahmat dan keberkahan ini. Ada baiknya, dalam menyambut bulan baik ini, kita sudah menyiapkan diri jauh hari sebelumnya sebelum ramadhan tiba. Nah apa saja yang harus disiapkan? Simak yang berikut ini ya :

  1. Membayar puasa. Jika ada puasa yang lalu belum dibayar, segeralah dilakukan minimal 1 bulan sebelum ramadhan tiba, sekaligus untuk melatih kesiapan fisik untuk ramadhan.
  2. Puasa sya’ban. Jika memang hutang puasa ramadhan sudah terbayar semua, tidak ada salahnya mencoba berpuasa sya’ban, sesuai dengan sabda Rasulullah s.a.w dalam hadist riwayat Ahmad dan An-Nasa’i.
  3. Memberitahukan atasan/rekan kerja tentang kebiasaan ramadhan (jika berbeda keyakinan). Agar dapat saling bertoleransi di bulan ramadhan.
  4. Memikirkan apa yang akan dilakukan di bulan ramadhan. Siapkan energi agar produktivitas tetap optimal dan maksimal. Cobalah singkirkan kegiatan yang tidak penting/perlu, misalnya terlalu banyak menggosip atau eksis di medsos.
  5. Merencanakan menu. Merencanakan menu penting, supaya kebutuhan nutrisi tetap terjaga dengan baik.
  6. Hitunglah mulai dari sekarang, berapa harta yang akan diamalkan berupa zakat, infaq, shodaqoh dan dimana akan diberikan.
  7. Mulai latihan memberi makan orang kurang beruntung. Hal ini bisa dilakukan secara online misalnya mengumpulkan donasi. Dengan memulai sebelum ramadhan, memberikan arti pada diri kita tentang rasa lapar dan berbagi.
  8. Membuat rencana bukber. Rejeki dibulan ramadhan dengan bersilaturahmi mengadakan bukber., bersama keluarga, teman atau orang yang membutuhkan.
  9. Membuat daftar hadiah idul fitri. Jika ingin memberikan, buatlah list nama, golongan usia dan jenis hadiah, juga untuk menghindari memberikan hadiah yang tidak bermanfaat. Hal ini juga untuk menghindari pengiriman waktu sibuk menjelang idul fitri jika ke luar daerah.
  10. Belanja sebelum ramadhan. Jangan menyia-nyiakan waktu 10 hari terakhir ramadhan untuk beribadah. Siapkan belanja sebelum ramadhan agar ibadah di malam terakhir tenang.
  11. Berlatih tidur siang. Saat puasa, sudah pasti tidur malam akan berkurang jumlahnya. Dengan berlatih tidur siang sebelum ramadhan sekitar 10 sampai 20 menit/hari membantu meningkatkan energi dan kesegaran beraktivitas saat menjalankan puasa.
  12. Merencanakan aktivitas dengan anak/anggota keluarga. Bagi anak kecil belum baligh, tidak ada paksaan untuk berpuasa. Aktivitas anak-anak sangat padat dan mengawasi butuh energi ekstra. Dengan anak belajar merencanakan aktivitas bersama saat ramadhan yang tidak terlalu aktif, melaksanakan bersama, akan membuat energi tidak terkuras saat menjalankan puasa.

Nah.. sudah sampai mana persiapan Anda menyambut ramadhan?

 

Sumber : soundvision.com

(ast/bt\)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1782

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top