IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Inilah Kata Ahli Kesehatan Dunia Tentang Virus MERS di Arab Saudi – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Inilah Kata Ahli Kesehatan Dunia Tentang Virus MERS di Arab Saudi

Inilah Kata Ahli Kesehatan Dunia Tentang Virus MERS di Arab Saudi

160514200124_mers-cov2Selama beberapa minggu ke depan bisa jadi akan menjadi bulan yang sulit bagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Pasalnya, umumnya umat muslim akan melakukan ibadah umrah bertepatan dengan bulan suci ramadhan. Ibadah ini diperkirakan akan menarik 2 juta orang. Kekhawatiran WHO ini dipicu adanya sindrom pernafasan Timur Tengah, atau MERS, yang dapat mengancam kesehatan.


Pengendalian penyakit menular ini sangat menyulitkan bagi ahli kesehatan di seluruh dunia. Arab Saudi saat ini sedang mengatasi massalah virus MERS ini. Pada awal Mei pejabat Arab Saudi mengejutkan dunia dengan mengumumkan 13 kasus baru selama beberapa hari. Sejak awal Mei sudah ada 38 kasus baru di seluruh dunia – 31 dari mereka di Arab Saudi dan 20 korban telah meninggal. Dengan hampir tidak ada petunjuk bagaimana virus ini mampu menyebabkan kematian. WHO sedang mencoba untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana untuk menghindari infeksi dan penyebaran secara internasional dari penyakit baru yang menyebabkan kematian banyak orang ini.


MERS memicu gagal ginjal berat dan pneumonia dalam beberapa kasus. MERS ini dapat dikatakan sepupu dari SARS, sindrom pernafasan akut parah yang terjadi di daratan China pada akhir tahun 2002, menyebar dari Cina ke Hong Kong pada tahun 2003, dan kemudian diangkut oleh paru-paru wisatawan internasional ke Singapura, Hanoi, Toronto dan kota-kota lain.


Virus baru ini pertama kali diisolasi pada bulan Juni 2012. Tapi keberadaannya menyita perhatian dunia hanya beberapa minggu sebelum ibadah haji Oktober lalu. Kamran Khan, seorang dokter penyakit menular yang meneliti pola penerbangan global sebagai sarana memprediksi penyebaran penyakit, telah khawatir pada kalender agama Islam untuk beberapa waktu. ” Kami masih tidak memiliki ide yang baik di mana ini ( virus ) untuk di hancurkan, sehingga mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko adalah hal yang paling penting untuk dilakukan, ” kata Khan , yang bekerja di Rumah Sakit Keenan Research Center Saint Michael di Toronto.


Coronaviruses seperti MERS, SARS, banyak menginfeksi kelelawar dan beberapa yang menginfeksi manusia menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa sampai pada kerusakan di paru-paru, hal ini dapat di simpulkan karena dilihat dengan banyak kasus MERS yang terjadi.


tumblr_mod43vVwR11qbkjr9o1_500Musim gugur yang lalu dan pada awal tahun 2013 infeksi MERS muncul secara sporadis di berbagai tempat. Pengujian sampel dari April 2012 wabah di Yordania mengungkapkan virus telah membunuh dua perawat di sana. Tiga laki-laki dalam keluarga di ibukota Saudi, Riyadh. Namun, wabah H7N9 virus flu burung di China pada awal April telah mengalihkan perhatian dari MERS ini.


Ahli penyakit menular terkejut bahwa virus MERS telah menyebar ke seluruh dunia tapi ahli kesehatan masih tidak tahu apa yang menempatkan orang pada risiko infeksi, berapa lama masa inkubasi, ketika orang menular atau apakah ada kasus-kasus ringan lainnya. Para ilmuwan juga tidak tahu apakah virus ini telah berubah dari waktu ke waktu.


Minggu ini tim pakar internasional yang diselenggarakan oleh WHO telah berkumpul di Arab Saudi untuk membuat kemajuan dalam mendapatkan informasi. Dengan menghitung waktu menuju Ramadhan, mereka memiliki sedikit waktu di mana untuk menjawab pertanyaan kunci tentang penyakit dan jawaban yang diperlukan untuk membantu melindungi peziarah umrah dari seluruh dunia.


Sumber : scientificamerican

(rsh/bt)

Baca juga :

Makanan yang boleh dan tidak boleh untuk Colitis Ulseratif

Trikomoniasis Bisa Menjadi Penyebab Kanker Prostat

Sunat Mengurangi Resiko Kanker Prostat Hingga 60%

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top