You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Cemilan Simpel Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Cemilan Simpel Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

kolesterolYang namanya ngemil bukan saja keinginan orang sehat, namun juga orang dengan kolesterol tinggi. Ngemil pada dasarnya bertujuan menstabilkan kadar gula darah. Hanya saja, banyak orang cemilannya tidak sehat. Bagi penderita kolesterol tinggi, sederet cemilan ini dapat membantu memuaskan hasrat ngemil.

  1. Jagung adalah bijian utuh. Seratnya dapat membantu menurunkan kolesterol. Buatlah popcorn yang tidak mengandung garam dan gula tinggi. Bisa juga menambahkan minyak zaitun dan keju parmesan.
  2. Kacang-kacangan. Terutama kacang almond, membantu menurunkan LDL selain juga kaya asam lemak tak jenuh tunggal, mencegah oksidasi LDL yang bisa menyebabkan aterosklerosis. Kenari juga baik untuk jantung. Kacang memiliki kalori cukup tinggi jadi batasannya 24 biji kacang almond dan 14 biji kenari.
  3. Sayuran dengan Hummus. Kaya akan vitamin, mineral, serat, rendah garam, rendah kalori. Pastikan konsumsi sayuran berwarna warni yang dapat dicampur dengan hummus terbuat dari kacang buncis dan kacang putih, yang mengandung tinggi serat, protein dan antioksidan.
  4. Kripik kentang home made. Tentu saja kripik yang tidak tinggi garam, dengan bumbu ringan misalnya minyak zaitun dan rempah sehat serta dipanggang di oven.
  5. Oatmeal bisa untuk cemilan, bukan hanya untuk sarapan. Membantu menurunkan kolesterol jahat/LDL keluar lewat pencernaan. Selain itu meningkatkan eksresi asam empedu untuk menurunkan kolesterol.
  6. Buah-buahan kaya pektin dan kalium. Banyak orang kecanduan gula. Untuk menahan keinginan itu, bisa makan buah-buahan. Apel, anggur, strawberry, jeruk dan banyak buah lainnya mengandung pektin yang menurunkan kadar kolesterol. Kalium dalam buah juga dapat mengontrol tekanan darah.
  7. Sup polongan. Sup mengandung tinggi serat dan protein, membantu menurunkan kolesterol jahat. Selain itu juga mengandung fitonutrien untuk menjaga kesehatan jantung.
  8. Roti gandum utuh. Kaya akan serat, membantu menjaga kolesterol tetap terkendali. Bisa ditambahkan dengan probiotik misalnya keju atau yogurt.

Sumber : everydayhealath

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1833

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top