You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 13 Cara Menunda Penuaan Secara Alami

13 Cara Menunda Penuaan Secara Alami

penuaan diniAda cara lain untuk mengurangi penuaan dini, yaitu dengan bahan alami dari alam. Apa saja yang bisa dikonsumsi?

  1. Air putih. Tubuh kita terdiri dari 60% air dan minum air putih yang cukup meningkatkan kualitas hidup. Dengan rajin minum air yang cukup membuat pencernaan lancar, membawa nutrisi ke seluruh tubuh dan membuang racun.
  2. Trilyunan mikroorganisme ada di usus kita. Probiotik memiliki efek mengurangi penuaan dini, membantu menurunkan stres oksidatif, meningkatkan ketahanan kulit, mengurangi kerusakan kulit karena sinar matahari, membantu rambut tetap sehat berkilau. Minum suplemen probiotik membantu membuster mikoorganisme baik di pencernaan dan mendukung kesehatan.
  3. Peptida kolagen. Kolagen biasa disebut dalam produk kosmetik, tapi pada dasarnya ada dalam tubuh kita, misalnya pada persendian, tulang, otot, jaringan ikat. Produksi kolagen menurun seiring tambah usia sehingga menyebabkan guratan halus/keriput kulit kendor dan luka sulit sembuh. Suplemen kolagen dapat membantu meningkatkan simpanan kolagen dalam tubuh, menunda proses penuaan.
  4. Memiliki efek mencegah penuaan dini, anti inflamasi dan antioksidan pelindung. Curmin juga membantu mengurangi masalah kognitif, masalah jantung, alzheimer, diabetes dan kanker.
  5. Vitamin D. Membantu untuk masalah hormon, gangguan jantung, osteoporosis, nyeri dan lemah otot serta sendi, masalah kognitif. Kebutuhan dewasa harian Vitamin D dalam darah sekitar 120 nmol/L. Lansia menyerap sedikit Vitamin D sehingga diperbolehkan minum suplemen.
  6. Minyak kelapa. Membantu mengurangi kejadian Alzheimer, membantu meringankan artritis, mengurangi oksidasi stress.
  7. Asam lemak omega 3. Sangat bermanfaat bagi kesehatan otak, jantung, mata, membantu melawan depresi dan cemas. Selain itu juga mengurangi inflamasi dan memaksimalkan penyerapan kalsium dalam tulang.
  8. Teh hijau. Studi yang dipublikasikan dalam Annals of Epidemiology menunjukkan orang yang minum teh hijau mengurangi resiko kematian dini dan penyakit jantung. Teh hijau juga memberikan manfaat positif bagi otak, meningkatkan memori dan perhatian. Bisa juga dikonsumsi sebagai pengganti kopi.
  9. Dark chocolate. Studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Clinical Pharmacology, flavonoid, antikoksidan utama pada coklat melindungi otak dari penurunan fungsi, melindungi keriput pada wajah akibat paparan sinar matahari dan memperbaiki elastisitas kulit.
  10. Mengandung antosianin sebagai anti inflamasi yang kuat, menyeimbangkan kadar gula, menghambat penyakit degenerasi syaraf yang berhubungan dengan Alzheimer, dan riset menyimpulkan, bluberries dapat mengurangi resiko sakit jantung 32% pada wanita.
  11. Minyak CBD. Minyak ini memiliki kemampuan untuk mengurangi kecemasan, meningkatkan keinginan tidur, meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki kondisi jantung, mengurangi tekanan darah. Minyak ini dikonsumsi sebaiknya menurut petunjuk dokter karena diambil dari ekstrak ganja.
  12. Minyak biji anggur. Selain dapat mengurangi penuaan dini, membantu menguatkan akar rambut. Kaya akan vitamin E, antioksidan, memperbaiki kondisi kulit dan menyehatkan jantung. Bisa digunakan sebagai masker untuk mengurangi garis halus pada wajah.
  13. Yuca root. Yang diambil adalah umbinya. Berasal dari Amerika selatan, kaya dengan vitamin C, serat, potasium/kalium, folat. Bahan ini juga membantu mengurangi nyeri sendi (artritis).

Sumber : www.rd.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1833

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top