IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND Begini Tahapan Osteoartritis Pada Lutut – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Begini Tahapan Osteoartritis Pada Lutut

Begini Tahapan Osteoartritis Pada Lutut

osteoarthritisOsteoartritis (OA) atau dikenal dengan nama pengapuran tulang, memiliki tahapan/stadium/ tingkatan dari nol sampai lima.

  1. Stadium nol. Disebut dengan lutut yang normal (sehat). Tidak ada tanda nyeri atau perubahan fungsi lutut sama sekali. Tidak ada pengobatan untuk stadium ini.
  2. Stadium 1. ada masalah kecil pada lutut, muncul taji (pertumbuhan tulang yang sering berkembang di mana tulang bertemu satu sama lain dalam sendi) yang sangat kecil. Stadium ini biasanya tidak menimbulkan sakit atau tidak nyaman. Jika dokter memutuskan tinggi resiko OA , maka akan diberikan suplemen Glukosamin Kondroitin dan berolahraga ringan untuk mengurangi resiko perkembangan OA.
  3. Stadium 2. Taji tulang tumbuh lebih besar dari sebelumnya, tulang rawan masih dalam ukuran normal dan sehat, tulang tidak ada yang saling menggosok atau menggores satu sama lain, cairan sinovial masih ada untuk menggerakkan sendi secara normal. Namun, ada pula orang yang sudah mengalami gejala. Pengobatan tahap ini dapat melihat sisi non medis misalnya jika gemuk/kelebihan berat badan maka coba untuk diturunkan menjadi ideal. Aerobik tingkat rendah dan olahraga kekuatan yang menghindari terlalu banyak tekanan pada lutut, berjongkok, tidak melompat, dapat dilakukan. Bisa berolahraga dengan bantuan bantalan sendi. Beberapa orang butuh minum obat pengurang rasa sakit, misalnyaNSAID atau asetaminofen (seperti Tylenol).
  4. Stadium 3. Disebut kerusakan sedang. Tulang rawan diantara tulang keras menunjukkan kerusakan yang nyata dan ruang diantara tulang sudah mulai sempit. Lutut sudah nyeri ketika berjalan, lari, menekuk dan berlutut. Dapat juga memiliki kaku sendi ketika bangun dipagi hari. Bengkak sendi juga terjadi jika bergerak terlalu lama. Suntikan kortison steroid ditempat nyeri mengurangi rasa sakit. Efek suntikan akan hilang dalam dua bulan. Efek samping kortison jangka panjang adalah kerusakan sendi. Jika NSAID atau acetaminophen yang dijual bebas tidak lagi efektif, obat penghilang rasa sakit yang diresepkan, seperti kodein dan oksikodon dapat membantu stadium 3 sampai berat. Dapat juga diberikan suntikan Viscosupplements yang berisi asam hialuronat intra-artikular. Perawatan khas dengan viscosupplement membutuhkan satu hingga lima suntikan asam hialuronat, diberikan satu minggu terpisah. Ada beberapa suntikan yang tersedia sebagai suntikan dosis tunggal.
  5. Stadium 4. disebut berat, karena kartilago sudah sangat jauh berkurang, sendi sulit bergerak dan sangat nyeri, cairan sinovial menurun sangat drastis. Perawatan penggantian lutut dapat dilakukan terutama jika usia masih muda. Efek sampingnya bisa mengalami penggumpalan darah dan belum menjamin tidak akan ada operasi lagi dimasa datang. Penyembuhan pasca operasi bisa sekitar beberapa minggu sampai beberapa bulan. Namun, lutut bisa bertahan sampai puluhan tahun.

Sumber : healthline.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top