You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Bahaya Logam Berat Bagi Jantung

Bahaya Logam Berat Bagi Jantung

logam beratTubuh yang terpapar logam berat bukanlah sehat. Sedari dulu, paparan logam berat seperti merkuri/timbal, arsenik,  tembaga, kadmium dan lainnya berhubungan dengan penyakit degeneratif. Sebuah studi baru menyoroti tentang seberapa banyak kadar logam berat yang dapat menganggu kesehatan manusia. Hasilnya, paparan logam berat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kardiovaskular.

Analisis dilakukan pada 37 riset yang melibatkan sekitar 350.000 orang yang terpapar arsenik, terjadi resiko peningkatan sakit jantung koroner sekitar 23% dan 30% resiko kardiovaskular. Paparan kadmium dan tembaga juga meningkatkan risiko sebesar 63% dan 72% terhadap stroke. Temuan ini kemudian dipublikasikan dalam BJM.

Menurut Rajiv Chowdhury dari University of Cambridge, Inggris, temuan ini sebenarnya memperkuat bahayanya paparan logam berat beracun dalam meningkatkan resiko masalah kardiovaskular secara global, diluar faktor lain misalnya merokok, pola makan yang buruk dan tidak aktif. Studi ini juga menyoroti kebutuhan pentingnya pengurangan paparan logam berat bahkan dalam tingkat yang lebih rendah sekalipun. Riset lanjutan masih dibutuhkan untuk menyelidiki hubungan antara logam beracun dengan sakit jantung. Hal ini dapat menjadi acuan penting dalam pencegahan penyakit kardiovaskular secara keseluruhan.

Sumber : health24

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1782

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top