You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Cara Mudah Memperbaiki Kualitas Tidur

Cara Mudah Memperbaiki Kualitas Tidur

tidurTidur cukup sangat penting bagi kesehatan. Tidur yang tidak cukup akan menyebabkan ketidaknyamanan saat bekerja, terus mengantuk, bahkan kekebalan tubuh dapat menurun fungsinya. Menurut Royal Society for Public Health, empat dari sepuluh orang di dunia tidak mendapatkan jumlah tidur yang cukup. Umumnya orang menganggap gangguan tidur ditandai dengan insomnia atau sleep apnea, sedang kurang tidur dianggap biasa karena mungkin saja dianggap sebagai gaya hidup. Tidur yang sehat sebenarnya sekitar 7 sampai 8 jam/hari. Hanya saja, kebanyakan terganggu karena kesibukan, misalnya mengurus anak. Ada sebenarnya cara alami untuk memperbaiki kualitas tidur kita:

  1. Sesuaikan ritme tubuh. Manusia sebenarnya tidur dalam jangka waktu per 90 menit. Jika kita tahu ritme tubuh, tidur akan lebih tenang walau jumlahnya tidak sebanyak yang dibutuhkan. Dengan membagi waktu tidur dalam rentang per 90 menit, tubuh akan memperbaiki siklus tidur dan bangun dengan alami. Dalam satu hari, ada sekitar 4 atau 5 kali 90 menit.
  2. Fokus pada kualitas. Banyak orang bangun ditengah malam/tidurnya tanpa sadar, sehingga merasa tidur sudah banyak jamnya, tapi masih saja lelah. Cobalah punya tempat tidur berkualitas, misalnya dari kasur, bantal, selimut. Kasur yang membuat punggung tidak nyaman juga membuat tidur sulit. Atau selimut bulu yang buat alergi juga membuat tidur sulit.
  3. Perbaiki suasana sebelum tidur. Kamar berantakan dapat mempengaruhi tidur. Jauhkan dari benda yang membuat kita tidak/susah tidur dan tidak melakukan aktivitas lain selain ingin tidur.
  4. Tidak tidur dalam keadaan terang. Sinar lampur dapat mengurangi efektivitas tidur, mengganggu irama tubuh kita. Paparam cahaya biru dalam setiap benda elektronik juga menganggu tidur, maka jauhkan smartphone atau alat elektronik lainnya. Matikan smartphone satu jam sebelum tidur.
  5. Aroma terapi. Rileks kan tubuh dengan aromaterapi, untuk mengurangi rasa tegang dan stress misalnya lavender atau Ylang Ylang. Cara lain misalnya sebelum tidur bermeditasi atau mandi air hangat yang ditetesi dengan aroma terapi, atau teteskan aroma terapi pada sprei.
  6. Obat tidur. Pada jangka pendek memang sangat menolong. Tapi tidak dalam jangka menengah atau panjang, karena dapat menyebabkan efek samping dan kecanduan,maka konsultasikan dengan dokter jika memang kita memiliki masalah gangguan tidur.

Sumber : patient.info

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1782

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top