IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Statin – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Statin

Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Statin

kolesterol dan statinKita tahu bahwa kolesterol tinggi akan mendatangkan penyakit degeneratif berbahaya seperti hipertensi dan gangguan jantung. Biasanya, dokter memberikan obat bergolongan statin untuk menurunkan kolesterol. Begitu juga misalnya jika seseorang sudah terlanjur terkena serangan jantung, stroke atau diabetes tipe 2, sangat membutuhkan statin.

Bukan tanpa sebab kenaikan kolesterol berisiko terhadap kematian. Sebuah riset menyebutkan pengurangan 1 mmol / L  kolesterol LDL mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung sebesar 19%, risiko serangan jantung atau kematian akibat serangan jantung sebesar 23%, risiko stroke sebesar 17% dan risiko meninggal sebesar 12%. Dalam sebuah penelitian terhadap hampir 3.000 orang dengan diabetes tipe 2 yang tidak mengalami serangan jantung, minum obat golongan statin tiap hari dapat membantu mengurangi risiko kejadian kardiovaskular sebesar 37%.

Namun pada dasarnya, minum obat statin bukan tanpa efek samping. Itu sebabnya, ada cukup banyak ahli kesehatan mencoba menggabungkan pola diet, pola hidup dengan sedikit demi sedikit menurunkan penggunaan statin dengan Pedoman Diet Menurunkan Kolesterol. Pedoman tersebut:

  1. Diet rendah lemak jenuh ≤7% total kalori harian
  2. Lima sampai sepuluh porsi buah dan sayur/hari
  3. Diet vegetarian tanpa daging, kuning telur atau produk susu.
  4. Konsumsi 20 gram serat larut
  5. Konsumsi protein kedelai 45 gram/hari
  6. Sterol basis tumbuhan 2 gram/hari
  7. Konsumsi kacang almond 45 gram/hari

Ada beberapa tambahan makanan berserat yang bisa dikonsumsi yaitu oatmeal, strawberry, gandum, barley, kacang, polongan, okra, brokoli, wortel, sayuran hijau. Sumber kedelai bisa didapat dari susu kedelai, yogurt kedelai, tahu, soya snack bar. Jika metode diet ini dijalankan dengan benar, maka kolesterol LDL seseorang bisa turun sekitar 29% dalam satu bulan. Dari sebuah riset, dalam satu tahun sekitar 1 dari 6 orang tidak lagi melakukan diet ini, 1/3 nya turun 20% kolesterol dalam 1 tahun dan rata-rata LDL turun 12,7%. Setiap makanan dapat berkerja sendiri untuk menurunkan kolesterol, misalnya 15 gram kedelai menurunkan 6% kolesterol jahat/hari. Semua makanan tersebut pilihan kita sendiri yang menentukan. Variasi makanan tinggi serat, merubah pola hidup jadi sehat, membuat kita terhindar dari kolesterol tinggi dan gangguan kardiovaskular atau bahkan diabetes.

Sumber : patient.info

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1903

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top