You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Bekerja Nyaman Agar Produktif dan Tubuh Sehat

Bekerja Nyaman Agar Produktif dan Tubuh Sehat

better-office-400x400Umumnya kantor hanya merupakan tempat bekerja, namun dibalik itu, ruangan kantor ternyata bisa dijadikan rumah kedua bagi seorang pekerja. Jika dikaitkan dengan faktor kesehatan, ruang kantor juga bisa menyebabkan kondisi sehat atau sakit. Duduk terlalu lama atau malas bergerak, justru membuat kerja menjadi tidak sehat. Berikut tips menjadikan kerja sebagai cara sehat:

  1. Kurangi duduk. Sebuah penelitian ditahun 2015 menyarankan pada setiap 2 jam posisi duduk harus diselingi dengan sesekali berjalan untuk lebih meningkatkan fokus dan produktivitas. Pasang alarm pengingat di atas meja supaya dapat dilakukan secara konsistenn.

  2. Ruangan bersih. Ruangan sebaiknya yang tidak pengap/ lembab, juga misalnya tidak berbau bahan kimia tertentu misalnya cat, perabot kantor, karpet, dll karena dapat menyebabkan sakit kepala. Dalam sebuah studiHarvard Universitytahun 2015,kantordengan ventilasiyang baik dan tingkat polusi udara yang rendahberhubungan dengankinerja karyawanyang lebih baik. Cobalah sesekali membuka jendela dan hirup udara segar

  3. Mencoba meja berdiri/standing desk. Meja berdiri membantu kita bekerja dengan tidak banyak duduk dan lebih banyak bergerak. Meja ini dapat disesuaikan dengan kondisi, jika sudah terlalu banyak berdiri. Jika memang tidak punya benda ini, bisa meletakkan layar komputer dengan sudut 90 derajat dengan papan tuts, sehingga tidak terjadi nyeri leher dan sakit lengan.

  4. Mencat dinding kantor dengan warna hijau. Menurut SallyAugustin, PhD seorang psikolog dari Design With Science mengatakan bahwa nuansa hijau berhubungan dengan kreativitas. Kreatif bentuknya apa saja, mulai dari buat slogan produk baru sampai cara menganalisis data menjadi sederhana. Jika tidak bisa ruangan dicat hijau, bisa menambahkan segala ornamen berwarna hijau. Hindari warna merah supaya tidak berefek negatif pada kerja yang sifatnya analitis.

  5. Meletakkan tanaman dalam pot kecil di sudut meja atau dekat monitor. Tumbuhan hijau menenangkan pikiran. Namun tidak memajang kaktus karena akan terlalu menguatkan pikiran.

  6. Pajang barang pribadi. Dekorasi sekitar 3-4 barang pribadi akan mengurangi stress kerja.

  7. Gunakan aromaterapi. Dengan aromaterapi citrus dapat meningkatkan semangat berpikir dan memori. Boleh juga dengan rasa lain yang juga minim bahan kimia, sekaligus bisa mengurangi kejadian alergi ketika bekerja.

  8. Tidak makan dekat meja kerja. Lakukan makan siang di meja lain, bukan di meja kerja. Terlalu banyak ngemil ketika bekerja akan mengurangi kerja produktivitas otak.

  9. posture-desk-400x400Perhatikan postur duduk. Postur tubuh yang bungkuk membuat kita malas kerja dan cepat mudah lelah, selain itu juga menjadi penyebab utama sakit punggung.

  10. Sesekali olahraga ringan. Misalnya menggerakkan otot sedikit sekitar 10 menit.

  11. Membawa hewan peliharaan. Hal ini hanya jika dimungkinkan, karena setiap aturan kantor berbeda.

  12. Sesuaikan penerangan ruangan. Penerangan yang tepat dapat menurunkan tingkat stress dan menjaga ritme sikardian tubuh.

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1662

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top