IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA 7 Tanda Liver Tidak Baik – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 7 Tanda Liver Tidak Baik

7 Tanda Liver Tidak Baik

liverUmumnya orang berpikir bawah gangguan liver ditandai dengan mata atau kulit yang mendadak berwarna kuning. Padahal gejala ini hanya satu dari beberapa tanda jika liver tidak baik. Apa saja tandanya, simak beberapa kondisi berikut ini ya :

  1. Sering gatal-gatal. Gatalnya itu bukan sekedar dipermukaan, tetapi terasa ke dalam kulit dan tak jarang membuat kulit terluka memerah. Ini terjadi karena cairan empedu ada didalam darah, sebagai penanda liver rusak. Cairan empedu terblokir, stagnan, kemudian mengalir ke darah, terakumulasi dalam kulit dan jadilah gatal.
  2. Spider angioma. Bentuknya memang seperti jaring laba-laba yang muncul dipermukaan kulit. Terjadi karena level estrogen tinggi, penanda kondisi liver tidak baik mengatur metabolisme hormon. Kemudian saluran darah tipis yang awalnya tidak terlihat, jadi tampak karena pelebaran arteori (cabang arteri) pada pembuluh darah kapiler (halus).
  3. Lebam dan pendarahan. Jika kulit mudah lebam dan mengalami pendarahan saat terbentur/terluka, ini juga tanda kondisi liver tidak sehat. Protein pembeku darah tidak lagi memenuhi jumlah sewajarnya.
  4. Nafas bau. Nafas bau dapat berhubungan dengan penyakit misalnya sinusitis atau masalah gusi tapi bisa juga jadi tanda masalah liver yang disebut dengan foetor hepaticus. Terjadi karena tingginya kadar dimethyl sulfida sebagai penanda sirosis liver.
  5. Kulit mudah memerah dan hiperpigmentasi. Terjadi karena kadar estrogen meningkat, liver tidak berfungsi optimal. Tirosinase, enzim yang mengandung tembaga memproduksi banyak melanin sehingga jadi hiperpigmentasi.
  6. Telapak tangan merah. Merah, seperti terbakar, gatal, mengalami kondisi yang disebut palmar erythema, karena kadar hormon berlebih dalam darah.
  7. Kurang konsentrasi. Kemampuan liver untuk mendetoks dan meningkatkan energi, menjadi rendah. Ketika darah terkontaminasi banyak toksin, maka otak juga bisa berpengaruh, sehingga menyebabkan sering menguap dan tidak bisa konsentrasi.

Sumber : health24

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1880

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top