You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Jangan Sembarangan Minum Aspirin Bagi Lansia

Jangan Sembarangan Minum Aspirin Bagi Lansia

aspirinBanyak orang minum aspirin untuk mencegah penggumpalan darah, mengurangi resiko pendarahan internal, sehingga mereka minum satu pil setiap hari. Ternyata, perbuatan ini sangat tidak tepat, bahkan membahayakan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh tim riset dari The Minash Unievrsity, Australia menunjukkan bahwa konsumsi aspirin setiap hari tidak menunjukkan adanya peningkatan kesehatan pada lansia diatas 70 tahun. Bahkan, konsumsi aspirin dalam jangka waktu panjang, akan meningkatkan risiko pendarahan internal yang parah.

Sebaiknya, aspirin tidak dikonsumsi oleh mereka yang tidak pernah mengalami gangguan jantung. Mereka yang tidak pernah mengalami serangan jantung dan stroke dan tidak mengkonsumsi aspirin, masa hidupnya lebih panjang dari mereka yang konsumsi. Temuan ini menunjukkan bahwa lansia tidak perlu minum obat yang sebenarnya tidak mendatangkan manfaat sama sekali. Hasil the Aspirin in Reducing Events in the Elderly Trial dipublikasikan dalam tiga makalah pada the New England Journal of Medicine.

Aspirin telah lama digunakan sebagai tindakan pencegahan untuk membantu mengurangi risiko penggumpalan darah pada pasien yang telah menderita serangan jantung atau stroke. Profesor John McNeil dari Monash Univerrsity menegaskan aspirin sebenarnya tidak berlaku bagi orang yang bahkan sudah pernah menderita sakit jantung dan stroke sebelumnya. Lalu mereka menyarankan sebaiknya seseorang (terutama lansia) meminta nasehat medis dari dokter sebelum minum aspirin.

Peter Rothwell, professor neurologi dari the Centre for the Prevention of Stroke and Dementia di University of Oxford juga menjelaskan bahwa lansia diatas 70 tahun yang minum aspirin dan belum pernah mengalami serangan jantung atau stroke pada dasarnya hanya menambah sedikit manfaat dari obat itu. Dr Richard Hodes, direktur National Institute on Aging mengatakan bahwa secara klinik manfaat aspirin dianjurkan untuk mencegah serangan jantung dan stroke bagi orang dengan kondisi pembuluh darah misalnya penyakit arteri koroner.

Kekhawatiran utama sebenarnya ada pada: apakah lansia sehat dapat minum aspirin? Penelitian lanjutan diperlukan untuk mengetahui kepastian manfaat dan resiko aspirin jika diminum lansia sehat, karena semua pasti tidak ingin ada efek buruk resiko bahaya pendarahan serius.

Sumber : express

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1782

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top