You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Bagaimana Cara Lepas dari Kebiasaan Buruk Ini?

Bagaimana Cara Lepas dari Kebiasaan Buruk Ini?

kunyah es batuMungkin diantara kita ada yang biasa melakukan kebiasaan kecil namun buruk, misalnya gigit kuku, ketuk meja sampai berisik dsbnya. Kebiasaan itu dapat membuat diri dan orang lain kurang nyaman. Ada beberapa cara yang dapat dipraktekkan supaya kebiasaan itu berkurang. Gigit kuku, ketuk jari, kunyah es. Kebiasaan ini banyak terjadi karena stress atau kurang zat gizi. Bagaimana cara mengatasinya?

  1. Kunyah es. Sering mengunyah es merupakan salah satu ciri gangguan pica. Menurut National Health Institute, pica merupakan gangguan pola makan yang aneh. Penderita pica umumnya mengkonsumsi makanan yang tidakmasuk akal seperti tanah, pasir, daun, batu, bahkan kotoran binatang, dll. Beberapa peneliti menyebut bahwa kekurangan zat besi (anemia) menjadi pemicu gangguan ini. Pica juga bisa menjadi pertanda stress atau gangguan emosi obsesif kompulsif (OCD). Kriuk nya es batu juga mengganggu pendengaran orang lain. Bagaimana cara menghentikannya? Pergi kedokter, periksa apakah kurang zat besi. Jika berhubungan dengan gangguan emosi, dapat melakukan terapi perilaku kognitif.
  2. Berdiri, duduk, membungkuk akan merusak posisi tulang dan otot yang akan membuat punggung nyeri, pegal, lelah dan sakit kepala. Cara menghentikannya: perbaiki postur. Jika berdiri, bahu santai. Jika duduk, buat kedua kaki menginjak lantai. Duduk atau berdiri tegak pada awalnya mungkin agak kaku, tetapi lama kelamaan akan membuat nyaman.
  3. Gigit kuku. Menurut National Institutes of Health, kebiasaan menggigit kuku merupakan ekspresi stress, atau cemas. Cara menghentikannya, coba ketahui penyebab kebiasaan ini. Jika karena factor kecemasan, lebih baik berobat ke psikiater. Bisa juga mengunyah permen karet bebas gula.
  4. Pakai lensa kontak saat tidur. Dapat meningkatkan infeksi mata dan juga mata kekurangan oksigen, merusak pembuluh darah kecil dan bahkan mata bisa rusak permanen. Cara hentikan: cobalah untuk berganti antara kacamata dengan lensa kontak. Usahakan tidak menggunakan lensa kontak setiap hari. Tanya dokter mata apakah ada lensa kontak yang aman saat lupa dilepas saat
  5. Pletekin jari-jari. Banyak mitos tentang pletekkan jari hingga berbunyi memicu rematik, ternyata tidak Mempletekkan jari akan membuat orang lain merasa linu dan tidak nyaman. Cara hentikan: cobalah membuat catatan, berapa kali sehari mempletekkan jari dan belajarlah untuk mengurangi dengan bertanggungjawab.
  6. Ngemil malam hari. Ngemil diatas jam 10 malam hanya akan menumpukkan lemak, bukan membakar lemak. Ngemil malam hari dapat menyebabkan heartburn (asam lambung naik) yang mengganggu pola tidur. Cara hentikan: konsumsilah makanan yang cukup saat pagi dan siang hari sehingga saat malam tidak lapar.
  7. Tidur dengan alarm. Umumnya justru berakhir dengan ketidak nyamanan tidur, tidur kurang nyenyak. Cara hentikan: tidur sebaiknya sekitar 7 sampai 8 jam/hari. Jika ingin menggunakan alarm, hitung mundur sekitar 8 jam

Sumber : helath.usnews.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1823

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top