IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Asupan Cairan Kuat, Puasa Sehat – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Asupan Cairan Kuat, Puasa Sehat

Asupan Cairan Kuat, Puasa Sehat

airAir merupakan sumber kehidupan. Manusia mampu bertahan beberapa minggu tanpa makanan, tetapi tidak akan mampu bertahan tanpa cairan. Apalagi saat bulan Ramadhan, cairan merupakan hal utama dan paling penting saat berbuka hingga sahur. Sayangnya banyak yang tidak menyadari pentingnya cairan, dan hanya minum saat berbuka dan setelah itu mengabaikannya.

KENAPA KITA BUTUH AIR?

Ingat, tubuh kita 60%-70% terdiri dari cairan. Jadi kekurangan asupan cairan akan mempengaruhi sel-sel dan juga sistem syaraf tubuh. Ketika berbuka puasa hingga sahur adalah waktu yang tepat untuk mengembalikan asupan cairan yang kurang di siang hari. Sebab kalu tidak, kekurangan cairan (dehidrasi) dapat menyebabkan efek samping seperti sembelit, sakit kepala, pusing, kelelahan dan kulit kering. Pada tahap dehidrasi parah, kekurangan cairan dapat menganggu ginjal dan kejang. JIka ini terjadi harus segera membatalkan dan berbuka puasa.

MENGAPA HARUS AIR PUTIH?

Karena air putih yang terbaik untuk mengatasi rasa haus setelah berpuasa seharian.

  • Air putih tidak mengandung kalori seperti minuman lainnya, sehingga menghindarkan dari asupan kalori yang tidak perlu
  • Terlalu banyak minuman manis atau minuman ringan lainnya saat berbuka justru akan menunda proses pencernaan sehingga menyebabkan gangguan pencernaan seperti gas, kembung, sakit perut dan berat badan

UNTUK DIINGAT

Air memainkan peran yang penting dalam penurunan berat badan juga pemeliharaan kesehatan karena air membantu detoksifikasi toksin dan menahan rasa lapar.

TIPS MENCEGAH HAUS SAAT RAMADHAN

Tips ini akan membantu tubuh tetap terhidrasi dan mengendalikan rasa haus selama berpuasa. Tips ini juga memberikan pengetahuan bagaimana makanan dapat memainkan peran penting dalam mengendalikan rasa haus saat berpuasa :

  1. Minumlah setidaknya 8 gelas/hari. Jika masih mampu berolahraga pastikan minum leih banyak air.
  2. Hindari hidangan yang panas dan pedas karena hanya akan meningkatkan rasa haus
  3. Hindari konsumsi makanan tinggi garam karena akan meningkatkan kebutuhan tubuh akan air.
  4. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar karena kaya akan air dan serat.
  5. Pilihlah jus buah segar daripada jus manis
  6. Jangan minum sekaligus dalam jumlah yang banyak atau diantara waktu makan.

UNTUK DIKETAHUI

Minum air es saat berbuka puasa memang terasa nikmat, namun kebiasaan ini dapat menyebabkan pembuluh darah berkontraksi dan menyebabkan gangguan pencernaan. Maka itu, sangat dianjurkan untuk konsumsi air pada suhu kamar atau sedikit dingin.

Sumber : nestle-family.com

(bt/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top