IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Apa Yang Tidak Dimakan dan Minum sebelum Berolahraga – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Apa Yang Tidak Dimakan dan Minum sebelum Berolahraga

Apa Yang Tidak Dimakan dan Minum sebelum Berolahraga

olahragaOlahraga sudah pasti menjadi aktifitas yang menyehatkan dan juga menyenangkan bagi mereka yang bergaya hidup sehat. Meski begitu masing-masing mempunyai ritual yang berbeda sebelum menjalani aktifitas olahraga. Ada diantaranya yang makan terlebih dahulu sebelum memulai olah raga. Meski hal ini sah-sah saja, namun sebaiknya perhatikan apa yang akan dimakan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan setelah olahraga. Apa saja makanan/minuman yang sebaiknya tidak dimakan sesaat sebelum berolahraga?

  1. Snack bar berprotein.

Pastikan produknya rendah gula. Karena jika tinggi gula, maka energi tubuh akan terbakar lebih cepat dan pembentukan otot tidak terjadi.

  1. Sayuran tinggi serat.

Tubuh kita perlu sayuran berserat, tapi bukan sebelum olahraga. Kecambah, brokoli, kembang kol dan sayuran berserat lainnya sebaiknya tidak dimakan dulu menjelang olahraga agar tidak mengalami masalah pencernaan (kembung/gas).

  1. Makanan berlemak tinggi

Makan makanan tinggi lemak sebelum berolahraga membuat tubuh sulit mengubah lemak menjadi energi, bahkan dapat membuat tubuh lelah sebelum berolahraga.

  1. Yogurt

Jika memang ingin makan sebelum berolahraga, pastikan yang tidak tinggi gula. Jika menderita kesulitan mencerna susu dan produk susu, sebaiknya juga tidak diminum/makan sebelum olahraga.

  1. Smoothies

Kelihatannya sehat, namun jika tidak berhati-hati, justru tinggi kalori (bisa mencapai 800 Kalori) karena tinggi krim, gula.

  1. Flaxseed/biji rami

Bijian ini bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dan tinggi serat. Tapi sebaiknya yang tinggi serat dan asam lemak tidak dikonsumsi sesaat sebelum berolahraga, karena dapat mengganggu pencernaan.

  1. Makanan cepat saji/fast food

Tinggi garam, gula dan lemak dapat membuat perut tidak nyaman.

  1. Minuman berenergi

Jika berlebihan malah akan meningkatkan kerja jantung dan tekanan darah. Lebih baik tidak minum minuman berenergi hingga selesai berolahraga.

  1. Soda

Biasanya berisi gula dan kafein yang cukup tinggi, malah akan membuat dehidrasi.

Sebaiknya, sebelum berolahraga tidak makan dulu. Atau jika ingin makan, cobalah makanan dengan kombinasi karbo (menyediakan energi dan membakar) dan protein (membangun dan memperbaiki otot) yang sehat, misalnya telur rebus, kacang rebus, pisang. Akan lebih baik jika makan 1 atau 3 jam sebelum berolahraga karena sistem pencernaan akan bersaing. Seluruh sel tubuh akan berebut untuk mendapatkan darah dan oksigen yang juga penting untuk membangun dan memperbaiki otot. Jadi, sebaiknya hindari makan dulu.

Sumber : webmd.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top