IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND 8 Kebiasaan Buruk Menaikkan Kadar Kolesterol – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 8 Kebiasaan Buruk Menaikkan Kadar Kolesterol

8 Kebiasaan Buruk Menaikkan Kadar Kolesterol

kolesterol3Kolesterol tinggi umumnya berhubungan dengan peningkatan resiko penyakit kardiovaskular. Banyak yang sudah berkolesterol tinggi dalam darahnya, tapi masih melakukan kesalahan pola makan dibawah ini.

  1. Enggan mengganti dengan lemak sehat. Kolesterol jahat (LDL) membangun plak dan menyumbat arteri. Kolesterol total yang sehat dibawah dari 200 mg/dL. Ternyata, peningkatan kolesterol bukan karena hanya makan makanan berlemak jenuh, tapi juga karena kurang konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.
  2. Masih hobi konsumsi steak berlemak. Mulai kurangi makan daging berlemak, ganti dengan rendah lemak. Ubah cara masak daging dengan lebih banyak dipanggang tanpa bara, direbus. Hindari jeroan.
  3. Tidak suka ikan. Ikan salmon, makarel, kembung, sarden dsbnya kaya akan asam lemak omega-3 yang membantu menurunkan LDL kolesterol jahat, mengurangi trigliserida, meningkatkan HDL, mengurangi tekanan darah. Makan setidaknya 350 gram ikan laut/minggu.
  4. Mengandalkan kalsium cuma dari krimer kopi. Kalsium dapat membantu meningkatkan kadar HDL. Makanlah susu rendah lemak, keju, yogurt.
  5. Masih suka ngemil gorengan, roti dan makanan olahan. Semua makanan tersebut mengandung lemak trans.
  6. Makanan harian masih rendah serat. Jika memang kolesterol LDL tinggi, makan yang tinggi serat seperti kacang-kacangan, polongan, bijian utuh, buah dan sayur. Seratnya dapat mengikat kolesterol dan keluar tubuh.
  7. Mengabaikan protein. Menurut Mayo Clinic, Whey protein juga ternyata baik untuk membantu menurunkan kolesterol LDL dan kolesterol total.
  8. Terlalu banyak minum alkohol. Batasi 2 gelas/hari untuk pria dan 1 gelas/hari untuk wanita.

Sumber : rd.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top