IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp 8 Makanan Yang Bisa Merusak Ginjal – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 8 Makanan Yang Bisa Merusak Ginjal

8 Makanan Yang Bisa Merusak Ginjal

ginjalFungsi ginjal sangat penting untuk detoks. Berdasarkan National Institute for Health, ginjal menyaring darah sebanyak 200 quarts (190 liter) darah dan memproduksi 2 quarts (1,9liter) sampah tubuh untuk dibuang per hari. Ginjal juga berperan dalam mengatur tekanan darah.

Maka, kesehatan ginjal itu sangat penting dan harus dijaga dengan baik. Salah satu factor yang dapat menganggu kesehatan ginjal adalah makanan.

  1. Daging merah. Karena daging tinggi akan protein dan meskipun berguna untuk membangun otot tetapi justru akan memberatkan ginjal. Selain itu daging merah juga kaya akan lemak jenuh yang menyebabkan makrofag menumpuk di ginjal. Lama kelamaan akan merusak ginjal dengan membentuk asam residu. Jeroan juga tinggi purin yang dapat menyebabkan asam urat dan terbentuk batu.
  2. Minum alkohol secara berlebihan akan menjadi racun bagi ginjal dan kesulitan menyaring darah. Jika belum bisa berhenti minum alcohol, pastikan minum cukup air putih supaya ginjal tidak dehidrasi.
  3. Garam meja. Natrium penting dalam mempertahankan fungsi keseimbangan cairan. Ketika terlalu banyak makan makanan mengandung garam, ginjal terpaksa menahan banyak air untuk dilarutkan, Nefron akan rusak sehingga lama kelamaan berkembang menjadi hipertensi. Untuk mengontrol, cobalah makan makanan segar.
  4. Kafein bersifat stimulan, yang dapat memicu sirkulasi darah, meningkatkan tekanan darah. Sifatnya juga diuretik ringan, yang membuat ginjal mengeluarkan air dan dehidrasi. Dalam jumlah kecil, kafein tidak akan menimbulkan tekanan pada ginjal. Terlalu banyak bisa menyebabkan batu ginjal karena dehidrasi. Jadi, bagi pecinta minuman mengandung kafein, jangan lupa minum cukup air putih dan kafein sesuai anjuran (2 atau 3 cangkir).
  5. Minuman berenergi. Banyak minuman energi mengandung tinggi kafein, gula dan pewarna. Tidak hanya kafein yang sifatnya diuretik, tinggi gula juga memaksa ginjal mengeluarkan lewat urin yang pada akhirnya menyebabkan kerusakan jaringan sel dan berpengaruh pada penyaringan darah.
  6. Pewarna buatan. Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan menambahkan pemanis buatan tidak menjadikan konsumsi keseluruhan gula berkurang. Sebuah riset menjelaskan minum 2 kaleng soda akan menyebabkan penurunan fungsi ginjal. Carilah pengganti gula yang alami misalnya madu murni atau stevia.
  7. Produk-produk susu. Susu dan produk susu memang tinggi protein dan kalsium, namun bisa menimbulkan efek jangka panjang yang memicu batu ginjal. Studi menemukan bahwa konsumsi susu dan produk nya dalam jumlah normal, dapat memperlambat kebutuhan dialysis bagi penderita ginjal.
  8. Makanan tidak organik. Sebuah studi menunjukkan, orang dengan gangguan ginjal kronis cenderung memiliki kandungan residu pestisida yang tinggi dalam tubuhnya karena tingginya kerusakan oksidatif pada ginjal.

Yang terpenting sebenarnya adalah: keseimbangan, moderasi. Ginjal rumah penyaring dalam tubuh yang kerjanya berat, jadi sayangi ginjal kita.

Sumber : foodprevent.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top