IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp 12 Cara Turunkan Tekanan Darah Tanpa Obat – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 12 Cara Turunkan Tekanan Darah Tanpa Obat

12 Cara Turunkan Tekanan Darah Tanpa Obat

hipertensiKetika dokter mendiagnosa kita dengan darah tinggi (hipertensi), maka biasanya akan diresepkan obat untuk membantu menstabilkan. Banyak penderita hipertensi tidak mengalami gejala sama sekali di kesehariannya. Padahal, efek darah tinggi bisa menyebabkan aneurisma, stroke, gangguan jantung, gangguan ginjal, penurunan fungsi kognitif. Obat-obatan memang membantu, namun pada dasarnya dapat pula dibantu dengan perubahan pola hidup. Apa saja yang bisa dilakukan?

  1. Olahraga secara teratur. Lebih dari 400 studi menyatakan manfaat olahraga jalan kaki cepat selama 30 menit untuk menstabilkan tekanan darah.
  2. Latihan pernafasan. Tubuh yang bereaksi terhadap stress dan tekanan akan melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang menyebabkan detak jantung lebih cepat, menyempitkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah naik. Olahraga dan meditasi membuat tekanan darah lebih relaks dan mengurangi nyeri secara alami.
  3. Makan makanan kaya kalium. Kalium mendorong ginjal membantu mengeluarkan banyak natrium dari tubuh melalui urin yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Banyak makanan mengandung kalium seperti pisang, ubi jalar, tomat, jeruk, kacang merah, kacang polong, blewah dan buah-buahan kering. Bagi penderita hipertensi kebutuhan 2 sampai 4 gram kalium/hari.
  4. Batasi asupan garam. Untuk menjaga tekanan darah tetap stabil, American Heart Association menganjurkan asupan garam sekitar 1500mg/hari. Garam banyak terdapat dalam makanan olahan, jadi lebih mudah dikontrol jika kita masak sendiri atau makan makanan utuh.
  5. Makan dark chocolate. Mengandung flavonol yang dapat melancarkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah yang tinggi. Analis di Australia memberitakan, makan dark chocolate dapat menurunkan sistolik 5 point dan diastolik 3 point. Tapi ini bukan menjadi strategi utama.
  6. Boleh sedikit minum alkohol. Terlalu banyak minum alkohol meningkatkan resiko hipertensi. Namun hasil studi dari Boston’s Brigham and Women’s Hospital, minum satu gelas atau kurang/hari, masih memberikan manfaat kesehatan bagi wanita untuk mencegah penyakit jantung. Satu gelas dihitung sebagai 350ml bir, 150 ml anggur, 45 ml alkohol.
  7. Minum kopi dekafein. Studi dari 34 peserta yang konsumsi 200-300 mg kafein (2 cangkir kopi) terjadi peningkatan sistolik sekitar 8mmHg dan diastolik 6 mmHg dan bertahan hingga 3 jam kemudian. Kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan memperbesar efek stress. Jadi, lebih baik tidak mengkonsumsi kafein secara berlebihan.
  8. Minum teh. Riset dari Tufts University menyebutkan orang yang minum teh kembang sepatu 3 cangkir tiap hari menurunkan sistolik 7 point dalam 6 minggu, karena adanya kandungan kimia dalam teh.
  9. Kerja tidak diforsir. Menurut riset yang dilakukan pada 24.000 warga California, kerja lebih dari 41 jam/minggu dapat meningkatkan tekanan darah sekitar 17%. Bekerja lembur juga dapat menyebabkan susah mengontrol pola makan sehat dan berolahraga.
  10. Relax dengar musik. Riset di Italia pada 29 orang dewasa menyebutkan, mendengarkan musik klasik, celtic, india selama 30 menit dalam enam bulan secara terus menerus, membantu menurunkan 4mmHg.
  11. Memeriksa diri jika mendengkur. Mendengkur menjadi penyakit yang disebut sleep apnea obstruktif, suatu kelainan yang ditandai oleh gangguan singkat namun berpotensi mengancam jiwa dalam bernafas saat tidur. Riset dari University of Alabama menyatakan banyak penderita sleep apnea tinggi kadar aldosteron, hormon peningkat tekanan darah. Jadi, jika seseorang menderita hipertensi, jangan lupa diperiksa, apakah ada sleep apnea atau tidak.
  12. Minum segelas susu. Susu sapi atau susu kedelai, terserah mana yang bisa diminum. Sus kedelai dan protein susu rendah lemak, menurut riset the Harbor-UCLA Medical Center, AS, dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Sumber : prevention.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top