IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA 6 Makanan Yang Dihindari Oleh Ahli Gizi – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 6 Makanan Yang Dihindari Oleh Ahli Gizi

6 Makanan Yang Dihindari Oleh Ahli Gizi

Ahli GiziMakanan apa yang tidak akan dikonsumsi para ahli gizi?

  1. Hotdog, bacon (daging babi panggang) dan saus. Menurut riset terbaru, pola diet tinggi daging seperti sosis dan bacon dapat meningkatkan resiko kematian karena kanker kolon/usus besar dan kardiovaskular. Makan daging olahan sebaiknya tidak setiap hari, tapi pada event tertentu saja. Tidak juga dengan sosis ayam, walau terkesan bahan sehat dan berkualitas, tapi tidak dijadikan makanan harian. Makanan olahan mengandung tinggi garam. Asupan garam harian tidak lebih dari 2300 mg/hari dan jika usia diatas 51 tahun tidak lebih dari 1500mg/hari atau jika menderita hipertensi, diabetes dan gangguan ginjal.
  2. Kopi yang penuh kreasi rasa manis. Kopi dengan segala kreasi manisnya mengandung 400 kalori atau setara dengan 15 sendok teh gula. Masalahnya kebanyakan gula juga tidak baik dari sisi kesehatan, apalagi gula buatan yang sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. The American Heart Association merekomendasikan tidak lebih dari 6 sendok teh atau 100 kalori gula tambahan untuk wanita, tidak lebih dari 9 sendok teh atau 150 kalori per hari untuk pria
  3. Sering menggunakan margarin. Margarin dibuat dari minyak hidrogenasi parsial dan termasuk dalam golongan lemak trans yang dapat meningkatkan resiko gangguan kardiovaskular, meningkatkan kolesterol jahat/LDL dan trigliserida. The American Heart Association merekomendasikan membatasi jumlah lemak trans kurang dari 1% dari total kalori harian. Jadi, jika kita makan 2.000 kalori sehari, itu hanya 20 kalori. Dan karena sejumlah kecil lemak trans terkandung secara alami di beberapa produk hewani, seperti daging dan produk susu, maka seorang akan mengalami kelebihan konsumsi lemak trans dalam pola dietnya.
  4. Kue kering. Selain manis, juga mengandung banyak pengawet. Cobalah untuk membuat cemilan yang sehat dari buah dan sayur.
  5. Makanan kaleng. Kebanyakan mengandung pemanis buatan, lemak trans diatas 0.5 gram/ kemasan.
  6. Sereal bergula. Serealnya memang sehat, tapi kadar gulanya, mana tahan. Belilah sereal rendah gula atau sereal biasa yang bisa dicampur dengan buah-buahan

Mengubah cara makan dan jenis makanan harian memang bukan hal mudah. Namun ubahlah secara bertahap, dari yang penyuka makanan bergula menjadi setengahnya saja. Lama kelamaan akan semakin menurun kecanduan makanan trans, lemak jenuh dan bergula. Tidak terlalu memanjakan diri dengan makanan yang manis pula. Selamat mencoba.

Sumber : everydayhealth

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1863

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top