IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA 12 Makanan Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Ketika Flu Berat – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 12 Makanan Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Ketika Flu Berat

12 Makanan Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Ketika Flu Berat

fluSedang menderita flu berat? pastinya tersiksa sekali. Flu bisa diperingan dengan makan makanan yang meningkatkan sistem imun tubuh. 15 Makanan ini dapat membantu mengusir flu dan patut dikonsumsi.

  1. Sup ayam.

Tidak hanya menyediakan cairan yang cukup dan padat gizi, ternyata sup ayam mampu menurunkan peradangan dan membantu mengusir virus flu.

  1. Berbagai jenis jeruk

Vitamin C banyak terdapat pada buah golongan jeruk, yang kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi gejala flu. Selain itu juga terdapat pada brokoli, kecambah brazil, pepaya, ubi jalar dan tomat.

  1. Bawang putih, bawang merah, daun bawang.

Membantu untuk mencegah perkembangan mikroorganisme jahat, yang dapat mengurangi flu. Ketiganya dipercaya dapat meningkatkan kerja Natural Killer (NK) sebagai penyerbu.

Mengandung zat kimia alami bernama Sesquiterpen, yang khusus menyerang rhinovirus, virus yang umum pada flu, serta menekan batuk. Gingerol juga bisa menekan infeksi. Tambahkan beberapa sendok jahe ke dalam teh.

Madu memiliki bahan antiseptik alami seperti hidrogen peroksida yang dapat melapisi tenggorokan dari flu berat, sifat antioksidan dan mikroba membantu melawan infeksi virus, bakteri dan jamur.

  1. Kefir

Kaya dengan probiotik yang menguatkan sistem imun. Proteinnya lebih banyak dari susu dan yogurt, mengatur pencernaan, menambah nutrisi tubuh. Makanan fermentasi lain juga mendukung bakteri baik sehingga berpotensi mengurangi serangan flu.

  1. Makanan kaya selenium.

Contoh: Kacang brazil kaya dengan selenium yang meningkatkan produksi sitokin untuk melawan flu.

  1. Anggur merah.

Resveratrol dan polifenol mempunyai manfaat yang sama yaitu meningkatkan aktivitas bakteri baik. Keduanya mencegah virus flu masuk dan berkembang dalam tubuh.

  1. Jamur

Mengandung anti virus, kaya Vitamin D. Meningkatkan kerja sitokin tubuh untuk melawan virus flu. Polisakarida juga meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Karbohidrat

Karbo yang cukup melawan disfungsi imun dan respon peradangan imun, karena pelepasan hormon stres. Karbo menunjang tubuh lebih kuat.

  1. Ikan berlemak

Vitamin D dapat meningkatkan tubuh untuk mencegah kanker.

  1. Makanan kaya Zink/seng.

Sebuah riset menyatakan, makanan yang kaya zink akan mempercepat penyembuhan flu. Sumber zink adalah kacang-kacangan dan biji labu.

Sumber : health24.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1880

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top