IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Tips Mencegah Kantuk Disiang Hari Saat Berpuasa – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Tips Mencegah Kantuk Disiang Hari Saat Berpuasa

Tips Mencegah Kantuk Disiang Hari Saat Berpuasa

bld137342Seringkali kita merasa hari-hari yang dijalani saat sedang berpuasa seperti saat ini berjalan begitu lambat, malah pada siang hari pun setelah sholat dzuhur, kita seringkali merasakan kantuk dan kelelahan yang tidak tertahankan.

Di bulan yang penuh dengan berkah ini, jatah tidur akan terpotong untuk makan sahur dan untuk melakukan berbagai ibadah yang biasa di lakukan malam hari, misalnya membaca Al Quran atau Shalat Tahajud dan tarawih.

Memperbanyak ibadah adalah hal yang baik, tetapi bukan berarti Anda menghabiskan waktu siang Anda untuk tidur selama mungkin hingga adzan maghrib berkumandang, lakukanlah hal yang bermanfaat untuk mengusir kantuk di siang hari. Berikut tips untuk Anda yang sering merasakan kantuk di siang hari saat berpuasa :

Jangan Begadang

Seimbangkan antara ibadah dan istirahat untuk kesehatan, seimbangkan keduanya dengan bijaksana, dan usahakan untuk tetap menjaga kesehatan selama menjalani ibadah puasa.

Kamar Tidur Rapi

Bukankah lebih menyenangkan mendapati kamar yang rapi menjelang jam tidur? Anda bisa langsung tidur dengan nyaman. Letakkan pakaian di tempatnya, Al Quran dan buku di rak, serta singkirkan laptop juga handphone dari atas tempat tidur, ini akan membantu Anda tidur dengan nyaman di malam harinya sehingga tidak merasa mengantuk saat siang hari.

Alarm Tepat Waktudaa052000469

Selalu pasang alarm tepat waktu di jam atau handphone Anda. Disiplinkan diri Anda untuk segera bangkit dari ranjang, bukan mematikan malah menunda alarm atau mematikannya.

Hindari Minuman Yang Mengandung Kafein

Menikmati secangkir kopi hangat menjelang tidur atau saat sahur memang menyenangkan, apalagi jika udara sedang dingin. Hanya saja, batasi atau hindari konsumsi kafein selama bulan puasa. Selain bisa membuat Anda sulit tidur, konsumsi kafein akan menyebabkan Anda lebih cepat mengalami dehidrasi dan haus pada siang hari. Ganti minuman hangat Anda dengan susu atau teh chamomile yang bisa membuat Anda lebih merasa rileks.

Semoga tips ini membantu Anda untuk tetap berstamina menjalankan aktivitas sekaligus beribadah di bulan Ramadhan. Jika Anda punya tips lain agar tidak mengantuk di siang hari, silakan ceritakan di kolom komentar 🙂

Source : Dari berbagai sumber

(ang/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top