You Are Here: Home » Warta Sehat » Kesehatan Ibu & Anak » Tidur Pada Anak…

Tidur Pada Anak…

                                                                                                  Kurang Tidur pada Anak Berpengaruh Terhadap Konsentrasi Belajar

Tidur merupakan kebutuhan setiap orang tak terkecuali untuk anak, remaja, dewasa maupun orangtua. Hanya saja jam tidur dan berapa jam saat tidur berbeda beda berdasarkan kelompok usia masing-masing.

Khususnya pada balita, anak-anak dan remaja, orang tua harus memberikan perhatian ekstra terhadap putra-putrinya sehingga waktu tidur untuk mereka dapat terpenuhi dengan baik. Menurut National Sleep Foundation, banyaknya waktu tidur untuk bayi, balita dan anak-anak berdasarkan kelompok usia adalah sebagai berikut :

  • Bayi yang baru lahir setidaknya harus tidur 12 – 18 jam/hari
  • Balita usia 1 – 3 tahun membutuhkan 12 – 14 jam/hari waktu untuk tidur.
  • Anak pra sekolah usia 3 – 5 tahun membutuhkan 11 – 13 jam/hari waktu untuk tidur
  • Anak sekolah usia 5 – 10 tahun membutuhkan 10 – 11 jam/hari waktu untuk tidur

Beragamnya acaraTV dan kemajuan di bidang high-tech, membuat sebagain besar anak-anak dan usia remaja menghabiskan waktunya hingga larut malam, padahal keesokan harinya harus bangun pagi untuk bersekolah. Hal ini dibuktikkan dari sebuah riset yang menyatakan bahwa 90%  remaja tidur kurang dari 9 jam dan 10 % nya kurang dari 6 jam.

James B. Maas, seorang psikolog Cornell University yang juga dikenal juga sebagai peneliti tidur, banyak mengamati tentang pola tidur pada remaja. Tidak sedikit para remaja yang kurang tidur mengalami mimpi berjalan. Anak dan remaja yang kurang tidur akan sulit untuk konsentrasi saat belajar sehingga akan banyak ketinggalan pelajaran.
Upaya untuk membiasakan diri agar anak dan remaja mempunyai waktu tidur yang cukup sangat perlu dilakukan baik oleh sekolah maupun dirumah seperti berikut :

  • Sekolah membatasi kegiatan ekstrakulikuler sebaiknya jangan sampai malam, Jika memungkinkan, informasi mengenai jam tidur dan berapa jam waktu yang dibutuhkan untuk tidur disampaikan pada kurikulum
  • Peran orangtua sangat dibutuhkan untuk menegakkan kedisiplinan anak dan remaja supaya tidur tepat waktu
  • Kurangi kegiatan yang memicu anak enggan untuk tidur dan hindarkan cahaya terang pada kamar tidur anak
  • Membiasakan tidur tepat waktu pada usia sedini mungkin akan lebih baik dengan menciptakan suasana santai sambil bercerita. Upaya ini akan membentuk jam biologis anak hingga dewasa.

Sumber : http://www.nytimes.com/2011/05/24/health/24brody.html?pagewanted=1&_r=0&ref=childrenshealth

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top