You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Susah Tidur? Simak 7 Hal Berikut Ini!

Susah Tidur? Simak 7 Hal Berikut Ini!

tidur2Ada orang yang gampang sekali tidur begitu nempel dengan bantal, sementara ada juga yang butuh waktu lama  untuk memejamkan mata (benar-benar susah tidur). Tidur sangat mempengaruhi kesehatan organ tubuh. Tidur yang cukup akan membantu mengurangi kejadian penyakit diabetes, masalah pencernaan, mencegah hipertensi, sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit jantung, dsbnya.

Bagi yang susah tidur, ada 7 tips yang bisa dilakukan.

  1. Minum susu. Kesannya kuno banget karena ini nasehat jadoel. Susu mengandung protein α-laktalbumin yang mengandung sejumlah besar asam amino tryptophan , yang menghasilkan melatonin, hormon yang menginduksi tidur. Studi menunjukkan bahwa diet kaya triptofan (termasuk putih telur dan biji labu) membantu memperbaiki tidur. Kalsium pada susu juga bermanfaat menyerap tryptophan ke otak.
  2. Jangan terpaku dengan alarm/pelacak tidur. Menggunakan weker atau alarm atau alat pelacak jumlah jam tidur, sah-sah aja sebenarnya. Namun ternyata, bukan sesuatu yang tepat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, mereka yang menggunakan alat pelacak tidur, justru merasa tertekan karena harus mencapai jumlah tidur yang cukup. Kurang tidur memicu terjadinya peningkatan kecemasan, sehingga semakin memperparah berkurangnya kemampuan tidur.
  3. Membantu menurunkan kadar kortisol, mengurangi cemas dan menenangkan. Studi 2015 di JAMA menemukan bahwa mediasi membantu meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa yang lebih tua dengan mengurangi kekhawatiran dan gangguan suasana hati. Ada aplikasi meditasi bernama Muse, bertujuan untuk mempercepat tidur dan patut dicoba.
  4. Tempat tidur, ya cuma untuk tidur. Bukan untuk segala kegiatan diatasnya. Tidak menghabiskan waktu misalnya main Hp atau lainnya, yang membuat susah tidur. Matikan/redupkan lampu 1 jam sebelum tidur membuat cepat tidur.
  5. Jangan terlalu banyak stress ketika tidak bisa tidur nyenyak. Riset National Institute of Mental Health tahun 2008 tentang efek berbaring di tempat tidur dengan mata tertutup menunjukkan bahwa ketika beristirahat, sebagian neuron otak  mati, meniru apa yang terjadi saat tidur. Dan menurut National Sleep Foundation, istirahat dapat mengurangi stres, memperbaiki suasana hati, meningkatkan kewaspadaan, kejernihan mental, kreativitas, dan motivasi. Namun, tidur sangat bermanfaat untuk memulihkan kognitif, menenangkan pikiran, pengaturan hormon.
  6. Atur suhu AC ruangan. Jika diruangan memakai AC, suhu ideal sekitar 16 sampai 20 derajat celcius.
  7. Berkedip sekitar 1 menit ternyata dapat membantu menciptakan kantuk dan lekas tidur.

Sumber : menshealth.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1782

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top