You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Seberapa Sehatkah Hubungan Anda Dengan Pasangan ?

Seberapa Sehatkah Hubungan Anda Dengan Pasangan ?

Couple sitting on sofa with arms folded, looking angry

Couple sitting on sofa with arms folded, looking angry

Banyak orang merasa tidak bahagia dengan hubungan spesialnya. Teman, sahabat, kerabat menyadari ini, tapi tidak bisa mengeluarkan dirinya dari perangkap buruk hubungan tidak jelas. Pacar/suami/isteri tidak dapat menjadi pasangan yang saling membahagiakan. Bagaimana sebenarnya tanda hubungan Anda dengan pasangan sudah mulai tidak bahagia?

  1. Perasaan tidak bahagia itu sudah kronis. Sering berselisih paham, hingga selalu muncul perasaan tidak bahagia secara terus menerus dan terperangkap.
  2. Menderita somatik. Masalah emosi menjadi gejala fisik yang terperangkap dalam stress dan depresi. Situasi menjadi menakutkan dan tidak bisa keluar dari kebebasan diri dan kenyamanan.
  3. Stress konstan. Pasangan yang tetap bersama namun keseringan ribut secara konstan lantas tidak dapat menyelesaikan masalah secara bersama, lebih cenderung akan cepat berpisah.
  4. Terlalu dikendalikan pasangan. Pasangan yang selaras adalah yang seimbang, tidak mengendalikan pasangan meski hal terkecil sekalipun. Kondisi seperti ini bisa mengarah ke destruktif, merusak hubungan, bahkan ada yang bertindak kasar. Jika begitu, hubungan sama sekali sudah tidak sehat.
  5. Terus-terusan berfantasi tentang orang lain. Tidak harus terus berfantasi tentang seksual, tapi berfantasi seperti bagaimana jika pasangan diganti dengan orang tersebut, menggantikan pasangan dengan dia dalam kehidupan.
  6. Kesepian walau pasangan dekat dengan Anda. Kekosongan fisik dan emosi kerap terjadi walau pasangan dekat. Masing-masing seperti tidak hadir dan akan membuat hubungan hambar.
  7. Hubungan tidak lebih dari sebuah kewajiban. Misalnya hubungan hanya karena keuangan, atau demi anak.

Jika sudah terlanjur terjebak dalam situasi yang menyedihkan, sebaiknya mempertimbangkan segala resiko, tanggungjawab dan perubahan yang akan terjadi. Bagaimanapun, kehidupan yang lebih baik adalah hak bagi setiap orang.

Sumber : psychologytoday.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1823

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top