IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Obesitas Pada Pria Lebih Mematikan Dibandingkan Pada Wanita – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Kesehatan Pria » Obesitas Pada Pria Lebih Mematikan Dibandingkan Pada Wanita

Obesitas Pada Pria Lebih Mematikan Dibandingkan Pada Wanita

obesitas-memicu-turunnya-daya-ingat-pada-pria-Tg9Bagi pria, menjadi gemuk jangan dulu senang. Sekarang, kelebihan berat badan/obesitas tidak lagi dianggap makmur, tapi justru mempunyai risiko lebih tinggi pada kematian dibanding pada wanita. Hasil dari beberapa riset ini dipublikasikan di The Lancet.

Studi ini melibatkan sekitar 4 juta pria dan wanita dibeberapa belahan dunia dengan melihat risiko kematian sebelum usia 70 tahun, pada pria sekitar 19% dan wanita sekitar 11% pada berat badan normal. Namun, resiko melonjak menjadi 30% pria obes dan 15% wanita obes.

Dari beberapa peneliti Richard Peto dari University of Oxford menyatakan jika seorang wanita berkurang berat badannya 10% maka akan berkurang resiko kematian 10% sebelum usia 70, namun bagi pria harus menurunkan beratnya 20%.

Menurut Dr. Emanuele Di Angelantonio dari Universitas of Cambridge Inggris, hal ini bisa terjadi karena pria obesitas memiliki resistensi insulin, distibusi lemak dan risiko diabetes yang lebih besar dibandingkan wanita. Menurut Barry Graubard dari dari U.S. National Cancer Institute menghindari obesitas bermanfaat bagi pria dan wanita, terlebih jika ditambahkan dengan aktivitas.

Dalam studi baru, para peneliti mengumpulkan data 3,9 juta orang dewasa, berusia 20 sampai 90 tahun. Informasi berasal dari 189 studi sebelumnya di Eropa, Amerika Utara dan di tempat lain. Para peneliti mencakup data pada semua orang yang hidup setidaknya lima tahun. Selama waktu penelitian, hampir 400.000 peserta meninggal. Temuan penelitian menunjukkan bahwa orang kurus juga berisiko terhadap kematian dini. Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa 1,3 miliar orang dewasa di seluruh dunia mengalami kelebihan berat badan dan 600 juta lebih mengalami obesitas. Dan, obesitas berhubungan dengan penyakit jantung, stroke, diabetes dan kanker.

Menuurt Dr David Katz dari the American College of Lifestyle Medicine, peningkatan obesitas juga berhubungan dengan kematian dini. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa risiko meluas di berbagai kelebihan berat badan dan obesitas: semakin parah obesitas, semakin mendekati bahaya.

Sumber : newshealth

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top