You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 5 Keuntungan Meninggalkan Gula

5 Keuntungan Meninggalkan Gula

Harga-Gula-e1412509359835Kebanyakan orang tidak tahan dengan makanan/minuman manis yang begitu menggoda. Gula tidak hanya berimbas pada kenaikan berat badan,tapi juga suasana hati dan kesehatan secara umum. Di amerika, dalam 30 tahun terakhir, konsumsi gula meningkat 30%.

Banyak makanan selain permen dan kue yang bahkan dianggap sehat misalnya salad dressing, saus dan yogurt sebenarnya juga banyak mengandung gula. Bahkan 75% makanan di AS ternyata mengandung gula buatan. University of North Carolina menyebutkan bahwa rata-rata orang dewasa Amerika mengkonsumsi 300 kalori gula tambahan setiap hari.

Kalau sudah begini, tidak akan jauh berbeda pula pastinya dengan kondisi di Indonesia. Apa hasilnya jika kita mulai belajar meninggalkan konsumsi makanan/minuman tinggi gula dan gula buatan??

  1. Kulit menjadi lebih sehat. Efek peradangan/inflamasi pada gula menyebabkan kulit cepat keriput dan berjerawat. Dan dengan mengurangi asupan gula bertahap mengurangi pula efek jerawat pada kulit.

  2. Tidur lebih nyenyak. Makan makanan/minuman bergula sebelum tidur membuat kadar gula darah menjadi lebih tinggi dan kesulitan tidur. Konsumsi gula akan memicu pelepasan hormon kortisol, yang mengganggu tidur.

  3. Berat badan mudah di kontrol. Jika setiap hari mampu mengurangi hingga 300 Kalori, maka kurang lebih dalam satu minggu bisa berkurang 2100 Kalori, atau kehilangan ½ kg perminggu.

  4. Tidak mudah lelah. Memang benar, gula bisa meningkatkan energi, tapi reaksinya cepat. Akibatnya, ketika gula sudah digunakan oleh tubuh, ketagihan muncul. Sumber energi terbaik adalah karbohidrat kompleks, bukan gula atau karbohidrat sederhana. Jika merasa sering haus dan suka makanan/minuman manis, berahlihlah konsumsi wortel, kacang-kacangan atau buah.

  5. Sistem kekebalan tubuh meningkat. Peradangan tidak hanya mempengaruhi kesehatan kulit juga dapat menyebabkan alergi dan penyakit. Peradangan telah dikaitkan dengan penyakit seperti penyakit jantung, diabetes dan arthritis. Setelah berhenti konsumsi gula, tingkat peradangan akan kembali normal dan risiko penyakit akan berkurang.

Sumber : care2

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1648

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top