IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp 6 Sumber Makanan Untuk Kesehatan Prostat – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Kesehatan Pria » 6 Sumber Makanan Untuk Kesehatan Prostat

6 Sumber Makanan Untuk Kesehatan Prostat

Kanker prostat dewasa ini jukanker-prostatmlahnya terus saja meningkat. Di Amerika, 1 dari 7 pria dewasa menderita kanker prostat. Gaya hidup yang tidak baik menyebabkan keparahan kanker, salah satunya adalah pemilihan jenis makanan. Makanan apa saja yang benar-benar mendukung prostat yang sehat?

  1. Tomat. Lycopene sebagai antioksidan yang kuat bagi prostat, membantu mencegah kanker dan pertumbuhan tumor prostat. Dalam tinjauan sekitar 11 studi yang dipublikasikan di the Journal of Nutritional Science and Vitaminology, para peneliti menemukan para pria yang konsumsi tomat mentah atau dimasak mempunyai risiko rendah terhadap kanker prostat. Likopen agak sulit menembus dinding sel, sehingga lebih baik diolah dulu, misalnya jadi pasta tomat, saus spagheti, manisan tomat kering, jus tomat atau saus tomat.
  2. Brokoli. The American Cancer Society fitokimia dalam brokoli yang disebut sulforaphane mampu membunuh sel-sel kanker namun tidak mempengaruhi kesehatan sel normal.
  3. Teh hijau. Manfaat zat yang ada pada teh hijau ini yaitu katekin, derifat xanthin, epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dan epikatekin. Dalam tinjauan pengobatan cina, 5 cangkir teh hijau per hari membantu mencegah kanker prostat.
  4. Kacang-kacangan dan kedelai. Golongan kacang-kacangan mengandung fitoestrogen yang disebut isoflavon dengan sifat menekan pertumbuhan sel dan tumor kanker prostat. the National Cancer Institute melaporkan adanya hubungan antara konsumsi kedelai dan rendahnya kadar antigen prostat spesifik (PSA). PSA adalah protein penunjuk skrining masalah kanker prostat. Kedelai juga bermanfaat dikonsumsi bersama makanan anti kanker yang lain.
  5. Jus delima. Delima sebagai buah kaya antioksidan setara dengan teh hijau atau anggur merah. Kinerjanya dengan mencari dan menghancurkan sel-sel kanker prostat, bukan sel sehat.
  6. Ikan. Asam lemak tak jenuh ganda berupa omega 3 dan omega 6 adalah asam lemak esensial yang ada dalam ikan dan menghambat perkembangan sel kanker prostat. Dalam tinjauan yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti menemukan hubungan antara makan ikan dan berkurangnya  tingkat kematian. Ikan berlemak dari perairan dingin mampu meningkatkan asupan omega-3. Contohnya adalah sarden, salmon, herring, makarel, trout.

Sumber : healthline.com

(ast/bt)

 

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top