You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Mual Setelah Makan Bisa Jadi Ini Penyebabnya…

Mual Setelah Makan Bisa Jadi Ini Penyebabnya…

10-shutterstock-96431810Mual sering kali dikaitkan dengan banyak penyebab, seperti faktor stress atau gangguan kesehatan, namun jika mual datang setelah makan mungkin harus segera melakukan pemeriksaan karena bisa jadi anda mengalami masalah sebagai berikut :

  1. Masalah Kandung Empedu

    Mual setelah makan bisa saja terkait dengan kolesistitis kronis, atau penyakit radang kandung empedu kronis, selain mual gejalanya yang mungkin muncul adalah ketidaknyamanan pada lambung, gas, dan diare. Jika tidak segera diatasi maka akan mempengaruhi fungsi kandung empedu.

  2. GERD

    GERD atau Gastroesophageal Reflux adalah suatu kondisi dimana makanan yang dikonsumsi atau cairan di lambung bergerak kembali ke kerongkongan, bisa disebabkan karena asam lambung yang tinggi. Selain mual, gejala lain seperti sakit maag, sakit tenggorokan dan batuk. Selain itu, dapat menyebabkan rasa asam di mulut. Berbaring setelah makan dapat memperburuk refluks.

  3. Keracunan Makanan

    Mual setelah makan bisa menjadi tanda bahwa makanan yang kita makan sudah tidak layak dikonsumsi lagi. Selain mual tanda anda keracunan makanan adalah diare, demam, muntah, dll. Efek ini mungkin akan terasa setelah 30 menit sampai beberapa hari setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

Mengatur pola makan adalah salah satu cara mencegah berbagai masalah pencernaan, makan tepat waktu, bergizi seimbang, dan perhatikan porsi makanan. Hindari makanan yang terlalu merangsang pencernaan seperti terlalu pedas atau asam, dan yang lebih penting lagi perhatikan kebersihan makanan dan perhatikan tanggal kadaluarsa makanan.

Sumber : Livestrong

(erl/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1771

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top