IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Menjaga Kesehatan Otak – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Menjaga Kesehatan Otak

Menjaga Kesehatan Otak

brain-foodsOtak merupakan bagian dari tubuh kita yang sangat penting. Otak sebagai tempat untuk berfikir, kemampuan mengingat, ketajaman melihat dan fokus. Tetapi seiring waktu berlalu dan faktor usia, kemapuan otak juga semakin menurun, sehingga dibutuhkan banyak nutrisi untuk menjaga dan memperlambat penurunan fungsi otak.

Kadar homosistein dalam otak akan berpengaruh terhadap fungsi otak. Jika kadar homosistein di dalam otak rendah maka fungsi otak pun akan semakin menurun. Jika mengkonsumsi asam folat, vitamin B1, B2, B6 dan B12, maka kadar homosistein dalam otak meningkat sehingga otak dapat terlindung dari proses degeneratif seperti demensia. Sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan memberikan nutrisi yang diperlukan, dan jika perlu diberikan suplemen vitamin yang sesuai.

Diet yang cukup membantu untuk kesehatan otak adalah diet mediteranian. Diet (pola makan) ini kurang mengutamakan hewani, misalnya telur, daging, mentega dan lemak hewani. Tetapi lebih mengutamakan tumbuhan seperti sayuran, nasi, gandum, roti, kacang kacangan, biji bijian dan lain lain. Dengan ini tubuh mendapatkan kandungan omega-3 dan omega-6 yang cukup yang dapat melindungi sel-sel syaraf. Suplemen yang bermanfaat untuk otak misalnya ginko biloba dan huperziz serrata. Berikut ini adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh otak, misalnya:

  1. Tirosin. Terdapat pada rumput laut, ikan, kedelai, keju, yang berperan sebagai prekursor nor-epinefrin, dopamin dan epinerfrin. Memainkan peranan penting dalam mengatur mood, kewaspadaan, melakukan aktivitas fisik dan memori kerja. Orang dengan stress tinggi di usia dini akan mengalami penurunan mental yang tajam dan kemampuan otak menyampaikan sinyal menurun. Suplemen yang tepat sangat dibutuhkan untuk mencegah kerusakan lebih dalam lagi.

  2. angkaTriptofan. Ada pada daging, rumput laut, spirulina, kedelai, coklat, udang kecil dan telur, yang berfungsi sebagai prekursor serotonin. Serotonin berfungsi sebagai pencegah parkinson dan penurunan mental yang lain. Selain itu, serotonin juga berfungsi untuk mengatur mood dan kemampuan memori. Campuran antara vitamin B6 dan triptofan membantu meningkatkan serotonin dalam tubuh.

  3. Kolin. Ada di kuning telur, ikan, daging, sayuran, kacang kacangan, sebagai prekursor asetilkolin, komponen penting untuk memori dan otot manusia. Jika kurang kolin di usia dini, seseorang bisa menderita alzheimer atau demensia dalam jangka panjang. Kekurang kolin juga bisa dibantu dengan mengkonsumsi suplemen.

Perubahan penurunan fungsi otak terjadi pada awal usia 40 tahun dan terus menurun tajam di usia 65 tahun. Penurunan fungsi ini juga termasuk di dalamnya stroke, alzheimer, parkinson, demensia. Sehingga yang terpenting sebenarnya adalah pencegahan untuk menghalangi percepatan penurunan.

Sumber : Healthierfoods

(ast/vie)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top