You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Mengenal Resveratrol (Antioksidan Pada Anggur Merah maupun Putih)

Mengenal Resveratrol (Antioksidan Pada Anggur Merah maupun Putih)

Anggur Merah dan PutihYang Anda harus tahu fakta mengenai alcohol, khususnya  anggur merah maupun anggur putih. Alkohol dari kedua jenis anggur ini mengandung  zat antioksidan yang dikenal dengan resveratrol. Super antioksidan ini juga ada di blueberry dan dark chocolate (coklat hitam). Resveratrol termasuk dalam golongan polifenol kuat, yang berfungsi sebagai pelindung atas meningkatnya radikal bebas. Berikut manfaat resveratrol yang perlu anda ketahui:

  1. Mengurangi inflamasi. Resveratrol akan menekan aktivasi enzim yang meningkatkan proses peradangan yang merusak jaringan tubuh. Respon peradangan berlebihan merupakan ciri autoimun dan peradangan kronis tingkat rendah merupakan bagian dari penyakit lain, misalnya jantung. Resveratrol mampu menurunkan peradangan.
  2. Membantu mengatasi gangguan diabetes. Restevarol dapat memnatu memperbaiki sensitivitas insulin dengan mencegah sejumlah komplikasi yang disebabkan oleh diabetes. Antioksidan ini dapat membantu menghentikan enzim yang mengubah glukosa menjadi sorbitol (gula alkohol). Tingkat sorbitol tinggi pada orang diabetes dapat meningkatkan kerusakan sel. Resveratrol juga memiliki efek positif pada faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (brain-derived neurotrophic factor atau BDNF), yang terlibat dalam patogenesis obesitas diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik. Para peneliti telah mengamati bahwa kadar BDNF lebih rendah pada orang dengan diabetes mellitus tipe 2 dan masalah yang berhubungan dengan insulin lainnya.
  3. Optimalisasi fungsi sel. Meningkatkan fungsi mitokondria sehingga meningkatkan energi dan menyehatkan sel.
  4. Mencegah penuaan akibat radikal bebas. Tingkat stress oksidatif tinggi dapat mengarah ke penyakit berbahaya misalnya Alzheimer, arteriosklerosis, kanker, dan penyakit jantung untuk mempercepat penuaan, asma, diabetes,sindrom usus bocor Stress oksidatif diyakini sebagai pembunuh seperti karena diabetes dan jantung. Resveratrol dapat menjadi terapetik.
  5. Mengoptimalkan sirkulasi darah. Resveratrol menjaga sirkulasi lancar, mencegah kerusakan arteri dan melindungi otak dari kehilangan memori dan kondisi termasuk penyakit Alzheimer, juga melindungi dari stroke, iskemia, penyakit Huntington.
  6. Mengurangi resiko penyakit autoimun. Resveratrol mengontrol pelepasan molekul-molekul pro-inflamasi, sehingga dapat memberikan manfaat positif bagi orang menderita penyakit autoimun, mengubah mikrobiota usus dan mempengaruhi sel induk dan kemampuan mereka untuk membelah dan berkembang biak.
  7. Anti kanker. Berperan sebagai apoptosis, menghancurkan sel tua dan berbahaya. Sebuah riset menemukan bahwa zat ini mampu untuk meningkatkan proses apoptosis dan menekan sel tumor. Riset pada hewan menemukan resveratrol telah terbukti melawan beberapa jenis sel kanker, termasuk kanker lambung, usus besar, kulit, payudara dan prostat. Resveratrol dapat mencegah sel kanker mereplikasi dan menyebar, mengubah ekspresi gen sel kanker untuk menghambat pertumbuhan.
  8. Mencegah resiko sakit jantung. Studi JAMA, resveratrol dari anggur merah menurunkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan umum lainnya. Sebuah tinjauan 2015 menyimpulkan bahwa dosis tinggi suplementasi resveratrol dapat membantu mengurangi tekanan darah sistolik. Resveratrol juga membantu tubuh memproduksi lebih banyak nitrit oksida yang menyebabkan pembuluh darah
  9. Membantu menurunkan kolesterol. Dengan mengurangi enzim yang meningkatkan kolesterol jahat. Juga membantu menurunkan LDL.
  10. Memperpanjang umur. Dengan mengurangi penuaan dini sampai sekitar 60% dari organisme yang diteliti.
  11. Melindungi otak. Studi menemukan minum anggur merah yang mengandung resveratrol dapat menurunkan penuaan fungsi kognitif yang diakibatkan oleh beta amiloid yang mengarah pada Alzheimer. Para peneliti di Inggris melakukan studi pada 22 orang dewasa hasilnya adanya peningkatan aliran darah ke syaraf saat konsumsi resveratrol. Peneliti di Illinois menemukan tikus yang diberikan suplemen resveratrol punya kesehatan mental dan fungsi memori yang meningkat.
  12. Menyehatkan mata. Riset tahun 2013 resveratrol mengatur angiogenesis, mencegah tumbuhnya aliran darah abnormal yang merusak penglihatan.
  13. Melindungi kulit. Hasil riset menyatakan reservatrol sekitar 95% melindungi kulit dari lemak peroksida dibandingkan 65% dari vitamin E dan 3% dari vitamin C. kekuatan antioksidan kulitn ya juga sekitar 17 kali dari idebenone yang biasa digunakan untuk anti keriput.
  14. Mengurangi kemerahan pada kulit akibat panas.
  15. Mendorong produksi kolagen alami. Melindungi matrik dermis dari enzim berbahaya dan meningkatkan fungsi fibroblas yang menciptakan kolagen sehat

Sumber : mindgodygreen

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1805

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top