IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND Manfaat Makan Makanan Pedas – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Manfaat Makan Makanan Pedas

Manfaat Makan Makanan Pedas

kepedasanBanyak orang tahan dengan makanan pedas, ada juga yang tidak. Tahukah kita, kalau makan makanan pedas ternyata banyak manfaatnya? Bonnie Taub-Dix seorang ahli diet dan pengarang buku read It Before You Eat It menerangkan.

  1. Meningkatkan metabolisme.

Capsaicin pada cabai membantu meningkatkan metabolisme yang menjadi bagian pola makan sehat. Termasuk dalam golongan rempah, namun tidak untuk menurunkan berat badan.

  1. Mengekang ketagihan gula/manis

Setiap orang mungkin saja pernah ketagihan gula/makanan manis walau tidak ingin makan. Makan makanan pedas ternyata dapat mengurangi keinginan selalu makan manis.

  1. Mengurangi peradangan

Peradangan yang parah dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit. Pengurangan peradangan pada cabai dan sejenisnya dapat memerangi kemungkinan bahaya kanker dan gangguan jantung.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Makanan pedas banyak mengandung antioksidan dan anti mikrobial yang dapat membantu melawan infeksi.

  1. Meningkatkan libido

Konsumsi makanan pedas dapat meningkatkan testosteron yang dapat meningkakan libido.  the journal Physiology and Behavior menemukan orang yang suka makan pedas mempunyai kadar testosteron tinggi.

  1. Membantu mengurangi sembelit

Makanan pedas biasanya membutuhkan minum air setelahnya karena mengimbangi rasa yang ditimbulkan. Jika minum banyak air maka sembelit terhindar.

  1. Mengurangi gejala depresi.

Makanan pedas dapat melepaskan neurotransmitter serotonin di otak, membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi depresi. Walau tidak menjadi andalan utama sebagai obat depresi.

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1903

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top