IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA Kenapa Gusi Bisa Berdarah? – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Kenapa Gusi Bisa Berdarah?

Kenapa Gusi Bisa Berdarah?

gusi berdarahKejadian gusi berdarah mungkin sedikit kita abaikan, mungkin saja hanya terpikir karena kita kekurangan vitamin C. Namun, sebenarnya juga dapat menjadi tanda beberapa penyakit. Dr Uchenna Okoye, seorang dokter gigi dari London Smiling dan British Dental Association dapat menjelaskan tentang masalah ini.

Gusi berdarah  pada dasarnya luka kecil yang normal. Namun ternyata bisa menjadi tanda penyakit berbahaya selain defisiensi Vitamin C. Bakteri dari plak melepaskan racun yang merusak jaringan gusi kemudian membuat radang dan akhirnya berdarah. Awal tahapan penyakit ini disebut Gingitivis masih mudah diobati. Perawatan lebih intens jika sudah menjadi periodontitis. Tulang gigi akan rusak, gigi akan tanggal dan sangat sakit.

Perempuan lebih rawan kena masalah gusi dibandingkan pria karena hormon. Selama masa pubertas, akan terjadi peningkatan aliran darah ke gusi, yang kalau tidak memperhatikan kesehatan, akan menyebabkan pembentukan plak lebih cepat. Begitu juga saat kehamilan dan menopause.

Orang yang punya masalah dengan gangguan mulut kering juga mudah mengalami gusi berdarah, karena air liur membantu membersihkan gusi. Beberapa obat juga bisa membuat mulut kering, atau sisa makanan menumpuk pada gigi juga membuat gusi bermasalah.

Masalah gusi juga berkaitan penyakit seperti jantung, kanker, diabetes tipe 2, kelahiran prematur dan disfungsi ereksi. Punya masalah gusi berarti memiliki peradangan pada mulut dan telapak tangan. Banyak orang tidak menyadari bahwa bakteri yang berhubungan dengan radang gusi dapat menyebabkan arteriosklerosis dan bakteri tersebut banyak ditemukan di jaringan jantung pada orang yang bermasalah dengan jantungnya. Banyak orang juga yang bermasalah dengan gusi memiliki kadar gula darah yang buruk dan dan juga akhirnya memiliki diabetes tipe 2.

Inti masalah ada di kesehatan gigi dan mulut. Menyikat gigi menyumbangkan sekitar 40% kebersihan. Jangan lupa gunakan obat kumur dan gel antibakteri pada daerah gusi bermasalah. Jika menderita mulut kering, minumlah obat resep dokter dan kunyahlah permen yang memancing air ludah terproduksi dan membersihkan mulut. Makanan yang dapat membantu mengurangi masalah gusi berdarah adalah yang mengandung Vitamin C. Jangan lupa periksa gigi setidaknya sekitar 3 atau6 bulan sekali.

Sumber : patient.info

(ast)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1900

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top