IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Jangan Pilih Makanan Tidak Sehat Ini – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Jangan Pilih Makanan Tidak Sehat Ini

Jangan Pilih Makanan Tidak Sehat Ini

makanan tidak sehatMenjaga kesehatan tubuh tak lepas dari pilihan makanan yang juga harus sehat. Jangan memilih makanan yang asal kenyang dan memuaskan lidah saja. Salah-salah malah salah pilih makanan yang berakibat pada menurunnya kualitas kesehatan tubuh.

Beberapa makanan dibawah ini adalah beberapa contoh makanan yang tidak sehat dan sebaiknya harus dihindari karena hanya sumber gula dan lemak, meskipun  nol kalori.

  1. Krim soda. Meski nol kalori, tapi ternyata banyak kandungan gula. Sebuah merk satu kaleng minuman kadar gulanya bisa mencapai setara dengan 32 gram. Jadi, lebih baik singkirkan minuman macam begini dari dalam lemari es.
  2. Selai kacang rendah kalori. Jangan percaya dengan label rendah kalori, sebab jika masih meninggalkan rasa manis, pertanda mengandung kadar gula yang tinggi. Pilih selai kacang panggang yang benar-benar rendah gula, baca label dahulu sebelum membeli.
  3. Sebenarnya kategori lemak sehat, tapi sayang, banyak yang prosesnya hidrogenasi parsial, yang artinya, mengandung lemak trans yang dapat meningkatkan kolesterol LDL, menurunkan HDL dan meningkatkan risiko gangguan kardiovaskular. Pilih minyak sehat misalnya minyak zaitun.
  4. Buah kalengan bersirup. Buah memang baik untuk kesehatan, namun beda lagi kalau sudah bersirup dan kalengan. Lebih baik pilih buah asli.
  5. Pop es. Pop es biasanya memang memberikan sensasi rasa segar jika diminum saat musim panas. Umumnya anak-anak pasti suka. Hanya, masalahnya bukan sekedar di gula. Menurut Journal Neurotherapeutics, zat pewarna juga dapat membuat masalah perilaku pada anak. Buatlah pop es buah asli supaya liburan dan kesukaan pada es tetap asik.
  6. Rambut nenek/Arum manis. Satu gulung kadar gulanya mencapai hingga 38 gram, yang setara dengan 1500 Kalori, menyumbang sekitar 73% kebutuhan kalori harian.
  7. Coklat beku. Biasanya ada di atas krim kue. Satu potong diluar kue sekitar 140 Kalori dengan 19 gram gula. Belum lagi ditambah dengan lemak hidrogenasi.
  8. Umumnya minum kopi tak bisa lepas dari gula dan krimer.
  9. Roti putih. Menurut Journal Global Public Health, roti putih rendah serat, apalagi jika ditambah dengan gula jagung buatan, sehingga dapat memicu diabetes.
  10. Coklat putih. Tahukah kamu, jika coklat putih bukan lagi coklat karena sudah ditambah dengan gula, krimer, krim susu, perisa dan pewarna. Buat yang maniak coklat, pilihlah dark chocholate (coklat hitam) yang menurut Journal Antioxidant and Redox, kaya dengan antioksidan.
  11. Daging asin. Kebanyakan daging olahan tinggi kandungan garam. Dari 400 gram daging, mengandung sekitar 3000 mg garam dan 33 lemak tidak sehat.
  12. Minuman berenergi. Minuman ini tinggi akan kafein yang dapat menyebabkan gangguan pada jantung seperti : jantung berdebar, perut tidak nyaman dan memicu kecemasan.
  13. Makanan cepat saji. Terlihat sehat, namun dibalik 1500Kalori terdapat 87 gram lemak jenuh, 62 gram gula dan 2327 mg garam. Pilih makanan cepat saji yang rendah gula dan garam.
  14. Keju amerika. Bukan cuma sekedar kalori, tapi 350mg garam dan beberapa zat seperti pengental, peerasa dan pewarna buatan.
  15. Gorengan usus. Kesannya tinggi protein. Tapi gorengan usus (sapi, babi) tinggi lemak jenuh dan garam (10% kebutuhan garam harian). Menurut Journal Nutrients, cemilan ini dalam sekali makan mengandung sekitar 500 Kalori.
  16. Daging olahan. Studi tahun 2018 European Journal of Cancer menjelaskan daging olahan sangat berhubungan erat dengan kejadian kanker payudara.
  17. Smoothies buah. Walau terdengar sehat, kalorinya termasuk cukup tinggi. Ada baiknya makan buah utuh supaya rasa kenyang tetap ada (terutama untuk yang menjalankan diet).
  18. Pina colada. Minuman yang dicampur dengan rhum, krim kelapa, jus nanas. Satu kali penyajian mengandung 352 Kalori dan 42 gram gula.
  19. Satu buah mengandung antara 150 hingga 350 Kalori, minimal 12 gram gula dan lemak trans. Makan satu donat sebaiknya diimbangi dengan berolahraga sebanyak 30 menit.
  20. Onion rings. Cemilan yang enak dan dianggap sehat. Termasuk tinggi garam dan lemak jenuh. Buatlah onion rings sendiri yang tentunya sehat dan rendah lemak jenuh.

Sumber : www.rd.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top