You Are Here: Home » Warta Sehat » Kesehatan Ibu & Anak » Herpes Zoster Dan Kehamilan

Herpes Zoster Dan Kehamilan

Cacar Air Pada Ibu HamilHerpes zoster, sebuah penyakit yang diakibatkan oleh virus,varicella-zoster virus (VZV) ini menyebabkan cacar dan umumnya dialami orang dewasa. Meski berawal dari cacar biasa namun bisa berkembang menjadi herpes zoster saat dewasa.

Herpes bisa menular pada orang lain melalui kontak langsung ruam yang belum sembuh. Pada orang yang terinfeksi bisa menyebabkan herpes ataupun cacar. Namun setelah terkena cacar, maka imun akan terbentuk ditubuhnya.

Pada wanita hamil jika belum pernah terserang cacar sekali dalam hidupnya, sebaiknya menghindari penderita cacar atau herpes.

Pada orang yang sudah pernah terserang herpes atau cacar, penyakit yang sama bisa muncul kembali saat kehamilan. Namun jika si ibu hanya mengembangkan herpes, maka bayi akan selamat.

Jika sudah muncul ruam yang tidak biasa, segera hubungi dokter. Begitu juga untuk informasi dokter tahap awal, jika bumil belum pernah terkena cacar atau herpes, tanyakan, apakah ada vaksinnya untuk ibu hamil dan apakah aman untuk imunisasi. Jika tidak ada, suntikan immunoglobulin disarankan, yang diaplikasikan sekitar 96 jam dari terpapar cacar atau herpes, atau konsultasikan kapan tepatnya pemberian suntikan, karena semua obat, suplemen atau makanan tambahan yang masuk, harus dengan pengetahuan ahli.

Cacar air menyebabkan ruam, lepuh di tangan dan kaki dengan cakupan lebih luas dari herpes. Herpes hanya mengenai sebagian saja, misalnya sebagian wajah. Gatal dan nyeri dapat terjadi sebelum ruam muncul. Herpes zoster juga menyebabkan sakit kepala dan demam pada beberapa orang. Herpes masih menular jika ruam belum kering. Herpes zoster biasanya hilang setelah satu atau dua minggu.

Dokter mungkin meresepkan obat antivirus jika mereka mendiagnosa dengan herpes zoster. Beberapa contoh termasuk acyclovir (Zovirax), valacyclovir (Valtrex), dan famciclovir (Famvir). Juga jika terjadi cacar, maka obat anti virus tetap di butuhkan. Sangat penting untuk dicatat bahwa hasil terbaik terjadi ketika pengobatan dimulai segera setelah ruam pertama kali muncul. Kunjungi dokter 24 jam sesaat melihat ruam muncul.

Untuk mencegahnya dilakukan:

  1. Vaksin cacar. Tahap awal di usia 1-2 tahun dan berikutnya 4-6 tahun. Vaksin hampir 100% efektif. Tubuh masih bisa mengembangkan cacar sedikit walau sudah divaksin.

  2. Vaksin herpes. Diaktifkan sekitar 2006 oleh FDA, merupakan booster tubuh. Di Amerika, vaksin ini diwajibkan bagi usia 60 tahun ke atas.

Vaksinlah untuk cacar air sebelum hamil. Setelah hamil, cara terbaik pencegahan adalah untuk menjauh dari orang-orang dengan bentuk aktif dari cacar air atau herpes zoster.

Sumber : healthline.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

beauties beauties indonesia kecantikan jual kosmetik jual produk makeup jual skincare jual produk kecantikan sweety sweety inodnesia perlengkapan bayi jual produk bayi jual produk balita perlengkapan balita popok sweety newborn popok sweety gold pants jual popok sweety perlengkapan komputer jual hp jual laptop jual smartphone jual server jual printer jual scanner jual vga jual monitor jual software perlengkapan elektronik IDB IDB INDONESIA perlengkapan Olahraga jual sepatu footsal jual raket badminton jual raket bulutangkis Toko Alat Olahraga perlengkapan Olahraga & Sport peralatan fitness ISG ISG INDONESIA Infinity Sport Group jual suplemen jual suplemen kesehatan jual multivitamin jual vitamin jual susu nutrition nutrition indonesia jual suplemen jual suplemen kesehatan jual multivitamin jual vitamin jual suplemen dan vitamin jual susu nutrition nutrition indonesia outfit outfit indonesia jual baju online jual baju wanita jual baju pria jual baju jual sepatu online jual sepatu wanita jual sepatu pria jual sepatu jual tas online jual tas wanita jual tas pria jual tas jual celana online jual celana wanita jual celana pria jual celana IDBEON ID BEON ID Beyond Digitech Digitech Indonesia Evelyn Mode Baby Dress Pakaian Anak Digital Marketing Indonesia Digital Marketing Digital Agency Digital Agency Indonesia Jasa Design Jasa Buat Logo Jasa SEO Jasa Pembuatan Website Jasa Pembuatan Ecommerce Jasa Pembuatan Toko Online Jasa Sosial Media IMG Indonesia Internet Marketing Group Media Gaya Hidup Pria Modern Jual Obat Kuat Jual Tas Pria Jual Pakaian Pria Jual Sepatu Pria Jual Jam Pria Men Indonesia Fasion Pria Jual Obat Pria Dewasa Jual Obat Kuat Pria Herbal Jual Obat Kuat Lelaki Jual Obat Kuat Pria Original Jual Obat Kuat Perkasa
Scroll to top