IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND Baik dan Buruk Multivitamin Hisap – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Baik dan Buruk Multivitamin Hisap

Baik dan Buruk Multivitamin Hisap

multivitaminPermen multivitamin sudah lama jadi trend, mulai dari untuk anak sampai dewasa. Permen ini rata-rata mengandung gelatin, tepung jagung, gula, pewarna tambahan, tentu saja selain vitamin dan mineral fortifikasi. Ada kelebihan dan kelemahan konsumsi permen multivitamin ini.

Kelebihan

  1. Banyak kandungan gizinya

Umumnya, orang membutuhkan suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian. Namun ada juga mereka yang susah makan, penyerapan rendah, kebutuhan gizi meningkat, vegan, ibu hamil dan lansia membutuhkan lebih banyak vitamin. Bentuk vitamin hisap menjadi alternatif bagi mereka yang kesusahan menelan pil.

  1. Rasa menarik dan mudah dibawa

Vitamin yang mengandung rasa merangsang anak untuk menyukai vitamin, begitu juga dengan mereka yang mempunyai kesulitan menelan.

 

Kelemahan

  1. Mengandung gula tambahan, gula alkohol, dan pewarna.

Perasa dalam vitamin hisap biasanya mengandung gula tambahan. Konsumsi tinggi gula tambahan sangat berhubungan dengan obesitas, sakit jantung dan masalah gigi. American Heart Association (AHA) menyarankan tidak lebih dari 9 sendok teh (37,5 gram) gula tambahan per hari untuk pria, tidak lebih dari 6 sendok teh (25 gram) per hari untuk wanita, dan di bawah 6 sendok teh per hari untuk anak usia 2–18 tahun.

Biasanya untuk mengurangi gula, pabrik vitamin hisap menambahkan gula alkohol, namun efek sampingnya bisa menimbulkan mual, kembung, diare. Pewarna makanan bagi beberapa anak dapat menimbulkan perilaku seperti hiperaktif.

  1. Jumlah kandungan nutrisinya bisa berbeda dengan label.

Sebuah riset di AS dari FDA menyatakan ada sekitar 80% merk di sana yang kandungan nutrisi suplemennya tidak seperti yang dicantumkan pada label. Namun ternyata vitamin hisap memiliki sedikit kandungan dibandingkan label yang tertera.

  1. Kebanyakan makan.

Banyak anak-anak yang tidak sadar makan suplemen permen ini lebih dari yang dianjurkan, padahal kelebihan vitamin dan mineral tertentu dapat berbahaya dan keracunan. Vitamin yang larut dalam lemak misalnya A,D,E,K dapat berbahaya jika berlebihan. Jadi, perlu ada kontrol terutama bagi anak-anak.

Intinya, jika pola makan seimbang, sebenarnya tidak membutuhkan makan suplemen ini. Jika memang ada kekurangan satu atau beberapa zat gizi karena ada makanan yang tidak dapat dimakan, sebaiknya cari vitamin hisap yang rendah gula dan sedikit ditambahkan pewarna.

Sumber : healthline.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1903

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top