You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Bagaimana Menyembuhkan Hepatitis C

Bagaimana Menyembuhkan Hepatitis C

hepatitisC2Salah satu penyakit liver yang berbahaya adalah Hepatitis C, karena dapat menyebabkan gagal liver, kanker liver dan kematian. Walaupun begitu, hepatitis C ternyata bisa disembuhkan dengan pengobatan seperti pil yang mudah diminum. Virus hepatitis C (HCV) dapat menyebar melalui jarum suntik, dan sekitar 25% kasus orang yang terinfeksi sebenarnya dapat sembuh sendiri karena daya tahan tubuh. Sisanya sekitar 75-80% virus dapat bertahan selama lebih dari enam bulan dalam tubuh. Bagi orang yang sudah menderita HVC kronis harus segera diobati dalam beberapa minggu supaya sembuh. Contoh salah satu pengobatan adalah dengan kombinasi interferon pegilasi dan ribavirin. Beberapa pil dapat membantu meningkatkan kesembuhan hingga 95%. Hanya saja pengobatan dengan ribavirin memiliki efek samping.

Pilih obat yang memiliki sedikit efek samping tetapi cepat memerangi virus. Sebelum pengobatan, biasanya dokter akan mempertimbangkan genotipe (strain) hepatitis C. Pengobatan untuk hepatitis C sekarang bergantung pada obat-obatan yang disebut antivirus tindakan langsung (direct acting antiviral / DAA), yang menghentikan virus untuk bereproduksi. Contoh DAA, yang termasuk dalam bentuk pil yaitu Olysio (simeprevir); Sovaldi (sofosbuvir), yang digunakan dalam kombinasi dengan Olysio; Daklinza (daclatasvir); dan Harvoni (kombinasi dari ledipasvir dan sofosbuvir). Pada tahun 2016, FDA menyetujui Epclusa, kombinasi dari sofosbuvir dan obat lain, velpatasvir, untuk mengobati semua genotipe hepatitis C. jenis perawatan baru dapat membantu menyingkirkan virus dalam hitungan minggu. Semakin awal diketahui kerusakan, semakin cepat diobati, semakin cepat sembuh.

Pada dasarnya, pengobatan tidak dapat mengembalikan kondisi liver, tetapi akan membantu membunuh virus yang sedang merusak liver. Pada stadium baik pemula atau lanjut, gaya hidup berpengaruh termasuk diantaranya konsumsi makan sehat, berolahraga, menghindari alkohol, menghindari semua hal yang dapat merusak liver.

Masalah makin banyaknya penderita Hepatitis C karena mereka tidak mau berobat dan tidak mau diuji/diagnosa. Banyak orang memiliki gejala tersembunyi Hepatitis C seperti demam, kelelahan , mual, kulit berwarna kekuningan, bahkan ada orang yang tidak memiliki gejala sama sekali. Pengobatan sebenarnya akan lebih murah jika waspada terhadap gejala awal.

Sumber : health.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1805

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top