You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Bagaimana mengatasi IBS ditempat kerja

Bagaimana mengatasi IBS ditempat kerja

IBSIBS (Irritable Bowel Syndrome) atau sindrom kelainan usus dapat sangat menyiksa penderitanya kapan saja dan dimana saja, termasuk di tempat kerja. IBS dapat muncul ketika kondisi tubuh dilanda stress. Ada tips bagi penderita IBS untuk mengurangi gejala jika kambuh dikantor/lingkungan kerja.

  1. Jangan menahan rasa sakit. Informasikan mengenai gangguan ini kepada atasan supaya memahami kondisi Anda.
  2. Mematuhi jadwal pekerjaan. Beban kerja mungkin saja berat dan mengelola stress menjadi tantangan. Buat jadwal tetap pekerjaan dan atur sesuai agenda. Hal ini mampu mengurangi frekuensi ke kamar mandi saat di kantor.
  3. Hindari makanan pemicu. Gejala bisa timbul karena makanan. Jika makan karena ada urusan bisnis diluar tidak dapat dihindari, usahakan cari tempat makan yang aman.
  4. Obati gejala. IBS bisa saja mengalami diare, sakit perut yang amat sangat atau bahkan sembelit. Gejala ini dapat diobati. Konsultasikan dengan dokter untuk pengupayaan lebih lanjut. Doleh juga lakukan terapi yang dapat meredam stress atau pengurang sakit.
  5. Kendalikan stress.
  6. Fleksibilitas pekerjaan. Yang paling bermasalah ketika kambuh. Diskusikan dengan kantor/atasan apakah bisa bekerja dirumah ketika kambuh.

Sumber : health24.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1823

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top