You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Apakah Maltitol Pengganti Gula yang Aman?

Apakah Maltitol Pengganti Gula yang Aman?

1296x728_Is_maltitol_safeMaltitol banyak digunakan untuk membantu menurunkan berat badan, karena kalorinya ½ dari gula biasa. Maltitol juga tidak menyebabkan lubang/karies gigi dibandingkan pemanis lainnya, sehingga dapat digunakan dalam pasta gigi, obat kumur atau permen karet. Bagi penderita diabetes, maltitol bisa menjadi alternatif gula, hanya tetap diperhatikan indeks glikemiknya dan juga pengaturan dengan gula yang lain. Pada beberapa orang, maltitol bisa membuat lambung bergas dan diare.

Jika memang tidak tahan dengan maltitol, ada beberapa alternatif gula yang bisa dijadikan pertimbangan:

  1. Stevia. Stevia dianggap sebagai pemanis baru karena kombinasi beberapa jenis pemanis. Tumbuhan ini ada di amerika selatan, mengandung 200 sampai 300 kali lebih manis dari gula namun  sedikit  mengandung kalori dan indeks glikemiknya rendah. Stevia juga mengandung beberapa zat gizi yaitu kalium, seng, magnesium, vitamin B3, sumber serat dan zat besi. Stevia telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA).
  2. Agave. Nektar agave dianggap sebagai pemanis alami, tetapi masih bisa diolah untuk beberapa manfaat. Agave sebagai sumber fruktosa olahan yg lebih manis dari gula meja ( mengandung fruktosa halus sekitar 50%). Konsumsi fruktosa olahan dikaitkan dengan obesitas, perlemakan hati dan diabetes. Madu, sirup maple dan molase juga pemanis alami dan semuanya mengandung berbagai jumlah fruktosa olahan. Sebagian besar, termasuk madu, sangat mirip dengan gula, termasuk kandungan kalorinya.
  3. Pemanis buatan. Banyak yang lebih manis dari gula dan kalorinya jauh lebih rendah dari gula sehingga banyak digunakan untuk diet. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa pemanis ini berdampak pada bakteri usus dan secara tidak langsung dapat mempengaruhi sensitivitas insulin dan kadar gula darah dari waktu ke waktu. Ada beberapa pemanis yang dianggap berbahaya dan lebih baik menggunakan pemanis yang sudah disetujui FDA.

Banyak sekali orang yang mencoba mengurangi asupan gula untuk tujuan menurunkan berat badan. Maltitol dapat menjadi alternatif. Sebelumnya, jangan lupa didiskusikan dengan ahli gizi terutama jika seseorang menderita diabetes untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Jangan lupa membaca label untuk kalori dan indeks glikemiknya (jika ada).

Sumber : healthline.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

beauties beauties indonesia kecantikan jual kosmetik jual produk makeup jual skincare jual produk kecantikan sweety sweety inodnesia perlengkapan bayi jual produk bayi jual produk balita perlengkapan balita popok sweety newborn popok sweety gold pants jual popok sweety perlengkapan komputer jual hp jual laptop jual smartphone jual server jual printer jual scanner jual vga jual monitor jual software perlengkapan elektronik IDB IDB INDONESIA perlengkapan Olahraga jual sepatu footsal jual raket badminton jual raket bulutangkis Toko Alat Olahraga perlengkapan Olahraga & Sport peralatan fitness ISG ISG INDONESIA Infinity Sport Group jual suplemen jual suplemen kesehatan jual multivitamin jual vitamin jual susu nutrition nutrition indonesia jual suplemen jual suplemen kesehatan jual multivitamin jual vitamin jual suplemen dan vitamin jual susu nutrition nutrition indonesia outfit outfit indonesia jual baju online jual baju wanita jual baju pria jual baju jual sepatu online jual sepatu wanita jual sepatu pria jual sepatu jual tas online jual tas wanita jual tas pria jual tas jual celana online jual celana wanita jual celana pria jual celana IDBEON ID BEON ID Beyond Digitech Digitech Indonesia Evelyn Mode Baby Dress Pakaian Anak Digital Marketing Indonesia Digital Marketing Digital Agency Digital Agency Indonesia Jasa Design Jasa Buat Logo Jasa SEO Jasa Pembuatan Website Jasa Pembuatan Ecommerce Jasa Pembuatan Toko Online Jasa Sosial Media IMG Indonesia Internet Marketing Group Media Gaya Hidup Pria Modern Jual Obat Kuat Jual Tas Pria Jual Pakaian Pria Jual Sepatu Pria Jual Jam Pria Men Indonesia Fasion Pria Jual Obat Pria Dewasa Jual Obat Kuat Pria Herbal Jual Obat Kuat Lelaki Jual Obat Kuat Pria Original Jual Obat Kuat Perkasa
Scroll to top