IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND Apa Yang Wanita Tahu Tentang Kesehatan Jantung – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Apa Yang Wanita Tahu Tentang Kesehatan Jantung

Apa Yang Wanita Tahu Tentang Kesehatan Jantung

jantung pada wanitaPenyakit jantung masih menjadi penyakit no 1 di Indonesia. Kementrian Kesehatan RI menyebutkan tahun 2013 penyakit jantung dan pembuluh darah masih tertinggi dari 10 penyakit tidak menular di Indonesia. Beberapa dekade akhir ini, justru jumlah penderita lebih banyak wanita dibanding pria. Ditambah, ada beberapa gejala yang dirasakan pria, tidak ada di wanita. Ada juga penyakit atau kondisi pada wanita yang dapat mengarah ke masalah jantung yang sebaiknya diketahui.

  1. Mual, muntah, sakit kepala.

Umumnya tanda orang terkena serangan jantung ditandai dengan sakit dada. Namun tidak demikian pada wanita, yang hanya ditandai seperti napas pendek. Tapi ada gejala lain seperti di rahang, punggung, perut bagian atas nyeri. Ditambah dengan mual, pusing, muntah.

  1. SCAD

Spontaneus Coronary Artery Dissection (SCAD) alias pembuluh darah pecah, dapat memperlambat aliran darah dan menghambat masuk ke dalam jantung sehingga gejalanya mirip dengan serangan jantung. Kondisi ini harus segera ditangani. Wanita lebih sering menderita SCAD terutama pasca melahirkan.

  1. Sindrom Patah Hati (Broken Heart Syndrome).

Kondisi medis yang mempengaruhi kardiomyopati. Terjadi karena meningkatnya hormon stress karena patah hati, kehilangan anggota keluarga atau perceraian. Bagian jantung membengkak dan sulit memompa darah. Hal ini bisa diatasi kalau dideteksi dari awal.

Meski memang tidak langsung menyebabkan gangguan jantung, namun ada beberapa kondisi yang mirip. Tingkat estrogen menurun sehingga pembuluh darah arteri mengeras. Tekanan darah, lemak di perut, LDL juga meningkat. Kondisi tersebut bisa mengarah ke masalah jantung.

  1. Peradangan

Wanita penderita lupus atau rematik lebih berisiko terhadap serangan jantung, walaupun masih muda, berolahraga dan tidak merokok. Jangan membiarkan peradangan terjadi, tapi juga tidak terlalu sering konsumsi obat karena justru dapat memicu gangguan pada jantung.

Depresi lebih rentan terjadi pada wanita yaitu 2x lebih besar daripada pria. Depresi berkepanjangan berbahaya bagi jantung. Lekas dilakukan terapi atau minum obat anti depresi.

  1. Diabetes

Diabetes pada wanita berisiko terhadap gangguan jantung 2x lipat. Gula darah yang tinggi menghambat oksigen ke jantung yang dapat menimbun plak di arteri. Selain itu juga berisiko terhadap hipertensi dan kolesterol tinggi.

  1. Kegemukan

Wanita yang lemaknya numpuk pada bagian perut, berisiko terhadap gangguan jantung. Tapi bukan berarti yang kurus tidak bermasalah, jika dia mempunyai kolesterol tinggi dan hipertensi maka akan mempunyai risiko yang sama.

Jika ada salah satu orangtua, terutama ibu, diatas usia 65 tahun memiliki masalah dengan jantung, maka kemungkinan anak perempuannya juga dapat beresiko. Pencegahan bisa dilakukan, misalnya dengan cara:

  1. Tidak merokok.

Wanita perokok 25% berisiko lebih tinggi terhadap gangguan jantung dibanding pria. Merokok merusak pembuluh darah, meningkatkan hipertensi dan menyumbat pembuluh darah. Risiko lebih besar lagi jika minum Pil KB ditambah merokok, terutama di atas usia 35 tahun.

  1. Kontrol kolesterol

Dengan kontrol LDL/kolesterol jahat dapat mencegah masalah jantung. Tetap berolahraga, pola makan sehat dan sedikit alkohol.

  1. Kontrol berat badan

Makan makanan yang segar, utuh, rendah kalori, rendah garam dan lemak trans. Masak makanan sendiri dengam cara sehat dan berolahraga

  1. Fitness

Olah raga ini juga baik dilakukan oleh mereka dengan usia 40 tahun karena baik untuk kesehatan jantung.

  1. Perhatikan kesehatan kala hamil

Pada saat hamil, jantung memompa lebih cepat dan hal ini dapat meningkatkan tekanan pada jantung dan arteri. Wanita yang bermasalah dengan irama detak jantung, nafas pendek, hipertensi, atau pre eklampsia sebaiknya kontrol ke dokter.

Sumber : webmd.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top