IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA 6 Makanan Yang Membuat Fibromyalgia Makin Nyeri – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 6 Makanan Yang Membuat Fibromyalgia Makin Nyeri

6 Makanan Yang Membuat Fibromyalgia Makin Nyeri

fibromyalgiaFibromyalgia adalah sebuah kondisi nyeri seluruh tubuh yang diikuti dengan rasa lelah berlebihan, gangguan tidur, memori dan suasana hati. Kondisi sepert ini disebabkan karena adanya gangguan yang mempengaruhi otak dalam memproses sinyal rasa sakit. Meski tidak ada anjuran merubah pola makan, namun banyak pasien yang mengalami perubahan (nyeri berkurang) ketika merubah pola diet dengan menghindari makanan yang disebutkan dibawah ini :

  1. Kripik kentang. Makanan yang mengandung glutamat aditif tinggi dapat menimbulkan rasa sakit. Biasanya ada pada makanan tambahan yang disebut Monosodium Glutamate (MSG). Menurut Tarah Venn, seorang ahli diet dari Stanford Pain Management Centre, beberapa pasien yang mengkonsumsi makanan tinggi MSG mengalami nyeri muskoskeletal. Penderita memiliki kadar glutamat yang lebih tinggi dibanding orang sehat. Glutamat sebagai neurotransmitter perangsang pengiriman pesan di otak dan sistem syaraf. Periksa label makanan untuk membatasi MSG, protein nabati terhidrolisis, dan ekstrak ragi.
  2. Memang sangat bergizi, namun ternyata tinggi glutamat dan sangat sensitif bagi penderita fibromyalgia. Menurut The Glutamate Association, kandungan glutamat dalam 100 gram jamur sekitar 180mg. Jamur shiitake dan enokitake paling tinggi glutamatnya. Selain itu juga tomat, anggur , kacang hijau.
  3. Keju tua. Keju tua, parmesan, roquefort mengandung glutamat tinggi. 100 gram parmesan mengandung sekitar 1600mg glutamat.
  4. Fried chicken. Sebaiknya penderita fibromyalgia menghindari makanan yang banyak digoreng, misalnya ayam goreng. Perbanyak makan yang mengandung omega-3 atau lemak tak jenuh tunggal misalnya alpukat, ikan, bijian utuh, kacang, ekstrak minyak zaitun.
  5. Yogurt dengan perasa tambahan. Yogurt memang sehat, namun dengan perasa tambahan misalnya aspartam, justru dapat memperparah nyeri fibromyalgia. Nikmati yogurt tanpa rasa (plain) dan manisnya ditambah dengan buah asli.
  6. Karbo olahan misalnya roti, kue kering dan pasta ternyata juga dapat merangsang nyeri. Karbo olahan cepat mengurai glukosa sehingga kadar gula dapat naik dan turun sesuka hati. Makanlah 100% bijian utuh misalnya beras merah, quinoa, atau karbo kompleks utuh misalnya ubi jalar, singkong, dll.

Sumber : rd.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1863

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top