IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA 15 Makanan Yang Membantu Meningkatkan Imun – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 15 Makanan Yang Membantu Meningkatkan Imun

15 Makanan Yang Membantu Meningkatkan Imun

makanan daya tahan tubuhMusim penghujan, jika tidak menjaga kesehatan, akan cepat sakit. Daya tahan tubuh sebaiknya ditingkatkan tidak hanya melalui obat, setidaknya makan makanan yang meningkatkan sistem imun. 15 makanan berikut ini membantu menjaga kesehatan kita dimusim penghujan ini.

  1. Golongan jeruk. Kaya akan vitamin C, meningkatkan sel darah putih dalam melawan infeksi sehingga dapat meredakan flu. Golongan buah ini termasuk grapefruit (sejenis jeruk), lemon, jeruk nipis dan jeruk peras.
  2. Paprika merah. Paprika kaya dengan beta karoten, dan kadar Vitamin C nya lebih tinggi dibandingkan buah golongan jeruk. Beta karoten juga membuat mata dan kulit lebih sehat.
  3. Kaya dengan Vitamin A, C, E, antioksidan dan serat.
  4. Bawang putih. Menurut The National Center for Complementary and Integrative Health, bawang putih selain menurunkan tekanan darah juga dikenal sebagai pelawan infeksi, karena mengandung sulfur yang disebut Allicin.
  5. Meredakan inflamasi pada tenggorokan dan mengurangi mual. Mengandung Gingerol, satu keluarga dengan Capcaisin yang menurunkan nyeri kronis. Riset terakhir pada hewan percobaan berhasil membantu menurunkan kolesterol.
  6. Kandungan antioksidan betakaroten membantu meningkatkan sistem imun. Sangat dianjurkan untuk memasak tidak terlalu matang sehingga vitamin A dan zat gizi lainnya dapat dimanfaatkan oleh tubuh.
  7. Kaya akan Vitamin D yang mengatur daya tahan tubuh secara alami untuk meningkatkan sistem imun.
  8. Kacang almond. Kaya akan Vitamin E sebagai antioksidan yang larut dalam lemak.
  9. Anti peradangan terutama pada nyeri karena osteoartritis dan rematik artritis. Juga membantu menurunkan nyeri otot.
  10. Teh hijau. Mengandung EGCG (epigallocatechin gallate), antioksidan yang meningkatkan fungsi imun. Selain itu mengandung L-Theanin yang mengaktifkan T sel.
  11. Tinggi akan Vitamin C, kalium, B kompleks, folat, sebagai anti inflamasi.
  12. Kaya Vitamin C, kalium, folat, vitamin K.
  13. Daging ayam. Sajian sup hangat dari daging ayam ini kaya akan vitamin B6, penting dalam pembentukan energi, pembentukan sel darah merah yang sehat, gelatin, kondroitin, untuk kesehatan dan imunitas usus/pencernaan.
  14. Biji bunga matahari. Kaya Vitamin B6, magnesium, fosfor dan Vitamin E.
  15. Mengandung Zink yang meningkatkan imunitas. Diantaranya kerang, udang, kepiting dan ikan.

Sumber : healthline.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1880

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top