You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Pentingnya Peran Keluarga Untuk Anak Autis

Pentingnya Peran Keluarga Untuk Anak Autis

57Tidak mudah memang memiliki anak dengan autisme, namun peran orang tua ataupun kelurga adalah kunci keberhasilan mendidik anak autis agar bisa menjadi mandiri. Orang tua atau anggota keluarga harus mengetahui bagaimana melakukan pendekatan dan perawatan, selain itu sebaiknya orang tua atau keluarga bekerja sama dengan dokter atau spesialis autis dalam menangani anak autisme.

Tanyakan kepada dokter atau menghubungi yayasan autis untuk mengetahui pelatihan dan cara mengelola gejala. Pendidikan terapi autis untuk keluarga dengan anak autis dapat mengurangi tingkat stress keluarga dalam menghadapai anak autis. Memahami kondisi anak dan mengetahui apa yang diingikannya merupakan bagian penting dari membantu anak anda mengambangkan kemandiriannya.

u10999872Pentingnya keluarga belajar tentang perawatan autisme adalah agar ketika anak tumbuh menjadi anak dewasa, anak anda bisa menjadi hidup mandiri karena beberapa orang dewasa dengan autisme dapat hidup mandiri, bekerja, layaknya seperti orang lain yang normal diusianya. Tujuan orang tua ataupun keluarga mempelajari perawatan autis adalah agar :

  1. Dapat mengidentifikasi dan mengelola gejala autis dengan kondisi terkait

  2. Anak autis dapat berinteraksi dengan keluarga dan teman sebaya serta dapat menyesuaikan dengan lingkungan yang berbeda dan keterampilan sosial dan komunikasi.

Membesarkan anak autis adalah tantangan tersendiri untuk orang tua maupun anggota keluarga. Butuh kesabaran dan ketelatenan namun yang paling penting adalah memperbanyak pengetahuan tentang bagaimana mendidik dan merawat anak autisme agar menjadi anak yang mandiri.

 

Sumber : Webmd.com

 

(ef/pjr)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 717

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top