You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Mentimun Dapat Membantu Mengobati Kanker, Peradangan dan Dehidrasi

Mentimun Dapat Membantu Mengobati Kanker, Peradangan dan Dehidrasi

Cucumber and slices isolated over white backgroundMentimun juga memiliki manfaat dalam dunia kesehatan. Meskipun benar bahwa Mentimun mengandung vitamin dan mineral yang lebih sedikit daripada kebanyakan buah-buahan dan sayuran lainnya, tetapi mentimun memiliki manfaat lain yang berharga untuk kesehatan. Berikut merupakan beberapa manfaat mentimun bagi kesehatan.

  1. Melawan penyakit

Mentimun mengandung pinoresinol, lariciresinol dan secoisolariciresinol yang terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit kanker tertentu. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition, Metabolism and Cardiovascular Diseases tahun 2010 menemukan bahwa pinoresinol, lariciresinol dan secoisolariciresinol bisa “mengurangi peradangan pada pembuluh darah dan disfungsi endotel, yang bisa memiliki beberapa implikasi dalam pencegahan CVD.” Sebuah studi yang diterbitkan tiga tahun kemudian di Nutrition and Cancer juga menemukan bahwa pinoresinol bisa menekan pertumbuhan sel-sel leukemia pada manusia. Mentimun juga tinggi dalam kelompok fitonutrien yang disebut cucurbitacins, yang dikenal untuk manfaat anti-kanker.

  1. Anti Inflamasi

Mentimun kaya akan flavonoid yang disebut quercetin, apigenin, kaempferol dan luteolin. Menurut Penelitian, flavonoid dapat memiliki sifat anti-inflamasi karena “aktivitas antioksidannya dapat menghambat eicosanoid yang menghasilkan molekul proinflamasi.” Oleh karena itu, konsumsi lebih banyak mentimun dapat membantu melindungi tubuh dari kondisi peradangan serius seperti osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan kolitis ulserativa.

  1. images.phpDapat membantu mengobati dehidrasi

Mentimun mengandung air sebesar 96% sehingga sangat membantu dalam mengatasi dehidrasi. Selain itu, buah ini dapat membantu produksi air liur dan memiliki sifat pendinginan sehingga meringankan rasa sakit yang terkait dengan sengatan matahari.

  1. Mengandung sejumlah kecil nutrisi

Meskipun jauh dari padat nutrisi, mentimun mengandung beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin K, vitamin C, kalium, magnesium, zat besi, kalsium dan beberapa vitamin B. Sebagian besar nutrisi ini ditemukan dalam kulit mentimun.

Sumber : NaturalNews

(rsh/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1660

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top