IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Makanan Basis Kedelai Menguatkan tulang – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Kesehatan Wanita » Makanan Basis Kedelai Menguatkan tulang

Makanan Basis Kedelai Menguatkan tulang

kedelaiKedelai merupakan makanan kaya manfaat. Riset terus dikembangkan untuk mencari manfaat gizi dan kesehatan. Jika riset sebelumnya menjelaskan bahwa manfaat utama kedelai adalah untuk mencegah keropos tulang (menopause) pada wanita menopause, ternyata manfaat ini juga dapat dirasakan untuk semua golongan usia. Riset pada University of Missouri di Columbia menguji perubahan pola makan protein berbasis kedelai ternyata mampu mempengaruhi ketahanan tulang wanita.

Untuk keperluan riset, para ilmuwan ini menggunakan tikus percobaan yang pasif, karena asumsinya adalah pada wanita menopause umumnya kurang aktif berolahraga. Jurnal ini dipublikasikan dalam the journal Bone Reports.

Para ilmuwan memberi makan tikus setengah kelompok berbasis kedelai, sisanya basis jagung dengan jumlah kalori sama. Berat tikus ditimbang setiap minggu dan riset dilakukan selama 30 minggu. Lalu periset mengambil contoh darah, kekuatan tulang, komposisi tubuh, dengan EchoMRI yang dapat mengukur kadar lemak tubuh dan massa air.

Ternyata, dari hasil riset menunjukkan, tikus yang diet kedelai memiliki tulang lebih kuat dibandingkan yang diet jagung. Sehingga dapat disimpulkan, perempuan dapat meningkatkan massa tulang dengan menambahkan makanan berbasis kedelai dalam diet mereka.

Prof Pamela Hinton, pemimpin riset melanjutkan, “Temuan ini menunjukkan bahwa wanita tidak harus konsumsi banyak kedelai seperti makanan khas kebanyakan orang Asia, tetapi hanya dengan menambahkan makanan olahan kedelai seperti  tahu dapat membantu memperkuat tulang”. Riset ini juga menunjukkan, pentingnya menambahkan kedelai dalam makanan meski sudah memasuki usia menopause maupun belum.

Riset ini dapat menjadi acuan, bahwa wanita tetap memerlukan bahan makanan berbasis kedelai dalam makanan harian mereka untuk meningkatkan fungsi metabolisme tulang. Perlu juga dilakukan riset selanjutnya tentang mekanisme molekuler yang mendasari manfaat dari peningkatan asupan kedelai serta reaksi yang terlibat untuk kekuatan tulang para wanita.

Sumber : medicalnewstoday

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top